IBL

Monty Williams mendapat penghargaan sebagai pelatih terbaik tahun ini dari Michael H. Goldberg NBCA (National Basketball Coaches Association) Award. Ini merupakan capaian kedua beruntun bagi Williams.

Pelatih Phoenix Suns itu mendapatkan suara terbanyak dari lima kandidat lain. Pemungutan suara dilakukan oleh 30 pelatih liga. Selain Williams, lima kandidat lain adalah Willie Green (New Orleans Pelicans), Taylor Jenkins (Memphis Grizzlies), Tyronn Lue (Los Angeles Clippers), Gregg Popovich (San Antonio Spurs), dan Erik Spoelstra (Miami Heat).

Penghargaan tersebut diberikan kepada pelatih yang berhasil membimbing para pemain menuju puncak performanya. Selain itu, juga bisa memberikan dampak kepada pemain untuk melakukan kegiatan sosial di luar lapangan. Nama Michael H. Goldberg sendiri diambil dari nama Direktur Eksekutif NBCA.

“Selamat kepada Monty Williams karena memenangkan Michael H. Goldberg untuk dua musim beruntun,” kata pelatih Indiana Pacers sekaligus Presiden NBCA, Rick Carlisle, dalam keterangan resminya di laman NBA.

“Masing-masing dalam tiga musimnya bersama Suns, dia mendapatkan dua digit peningkatan kemenangan dari tahun sebelumnya, yang sangat sulit dilakukan. Sekali lagi selamat kepada Monty dan seluruh staf atas capaian kedua penghargaan paling bergengsi ini oleh rekan-rekannya,” lanjut Carlisle.

Ini menjadi musim ketiga William bersama Suns. Pada musim keduanya lalu, dia membawa Suns menembus babak play-off pertamanya sejak 2009-2010. Suns melaju hingga menembus final ketiganya sepanjang sejarah.

Mendatangkan Chris Paul pada November 2020 dari Oklahoma City Thunder juga menjadi salah satu keputusan terbaiknya. Musim ini Suns menjadi unggulan pertama wilayah Barat. Mereka memiliki rekor 64-18 pada musim reguler.

“Para pelatih berkorban sangat banyak untuk tim mereka. Ada banyak pelatih di luar sana yang pantas menerima penghargaan ini. Saya merasa terhormat bisa kembali mendapat pengakuan dari rekan-rekan pelatih yang saya hormati,” kata alumnus University of Notre Dame itu. (rag)

Foto : Getty Images, NBA

Komentar