IBL

Los Angeles Lakers resmi memecat Frank Vogel pada Senin (11/4) lalu. Kemenangan atas Denver Nuggets 146-141 menjadi momen terakhir Vogel bersama Lakers sejak Mei 2019. Vogel sendiri telah mempersembahkan cincin juara pada musim 2020 lalu.

Meski mengalami performa buruk sepanjang musim ini, kursi pelatih Lakers tetap menjadi daya tarik tersendiri. Dari laporan Bleacher Report, ada lima kandidat yang bisa menjadi pelatih anyar Lakers.

1. Quin Snyder

Saat ini Snyder sedang mempersiapkan Utah Jazz di putaran pertama play-off melawan Dallas Mavericks. Snyder secara konsisten membawa Jazz mencapai babak play-off dalam enam musim beruntun. Snyder bisa membawa energi besar ke Lakers, yang terlihat lesu musim ini.

Pelatih asal Mercer Island, Washington itu bukan sosok asing bagi Lakers. Dia pernah menjadi asisten pelatih Mike Brown di Lakers pada awal 2010 lalu. Terlebih kontrak Snyder dengan Utah di luar musim ini sedang tidak jelas.

2. Doc Rivers

Jika Philadelphia 76ers berhasil mengalahkan Toronto Raptors di play-off, mungkin Rivers tidak akan bersedia menjadi pelatih Lakers. Tetapi jika hasil sebaliknya, mungkin Rivers yang akan terdepak dari Sixers.

Rivers menjadi salah satu dari sedikit pilihan Lakers atas pelatih dengan pengalaman membawa tim sebagai juara. Dia merupakan pelatih Boston Celtics pada 2004-2013 dan meraih gelar pada musim 2008 silam.

3. Nick Nurse

Pelatih Toronto Raptors itu menjadi salah satu target utama Lakers. Tetapi hal itu tidak akan mudah. Raptors tidak akan melepas Nurse begitu saja. Setidaknya Lakers tidak akan mendapatkannya dengan harga rendah.

Nurse menjadi salah satu pelatih yang paling inovatif di NBA saat ini. Dia mengantar Raptors sebagai unggulan kelima wilayah Timur. Nurse juga yang menjadikan Raptors juara pertama NBA dari luar Amerika Serikat pada musim 2018-2019 lalu.

4. David Fizdale

Tidak hanya pelatih dari tim-tim lain. Sosok asisten Vogel, David Fizdale, bisa menjadi opsi. Fizdale juga merupakan mantan pelatih Memphis Grizzlies dan New York Knicks, sebelum direkrut Lakers pada September 2021 lalu. Meski menjadi asisten Vogel, bukan berarti Fizdale melatih dengan cara yang sama. Saat menangani Grizzlies pada 2016-2017 lalu,

5. Juwan Howard

Jika pengalaman bermain dengan LeBron James menjadi kunci untuk kandidat pelatih Lakers berikutnya, maka Howard sosok yang tepat. Sebelum meneruskan karir sebagai pelatih, Howard menghabiskan tiga musim terakhirnya di Miami Heats bersama LeBron. Mereka telah memenangkan dua gelar beruntun pada 2012-2013 lalu. Sayangnya Howard menyatakan masih tetap ingin melatih Michigan Wolverines, tim dari University of Michigan. (rag)

Foto: Associated Press, Bleacher Report, NBA

 

Komentar