IBL

Sejak tahun lalu Kareem Abdul-Jabbar Social Justice Champion Award menjadi bagian dari penghargaan tahunan NBA. Penghargaan tersebut diberikan kepada pemain yang memperjuangkan keadilan dan kesetaraan. Setiap tim memilih satu pemain untuk daftar nominasi. Dari lima nominasi yang terpilih nanti, satu pemain akan mendapatkan trofi Abdul-Jabbar.

Nah, sebelum pertandingan antara Denver Nuggets vs Los Angeles Lakers pada Minggu (3/4) waktu setempat, NBA merilis desain trofi Abdul-Jabbar. Trofi tersebut dirancang oleh James Adams Jr. (graphic designer), Jasson Garet (creative director), Vijay Singh (digital designer), dan Lacy Telley (art director).

Dalam pernyataan resminya itu, NBA ingin memanfaatkan komitmen Abdul-Jabbar yang ingin menciptakan masyarakat yang setara dan adil. “Ini momen untuk menyamaratakan kesempatan (lapangan) untuk bermain dan memastikan bahwa setiap anak bebas bermimpi sebagai inspirasi mereka,” tulisnya.

Desain trofi bersebut menampilkan struktur cetakan tiga dimensi tangan Abdul-Jabbar mengangkat sebuah globe. Ini merupakan represnetasi dari dampak yang dimiliki para atlet dan aktivis melalui platform mereka untuk memajukan keadilan sosial secara global.

“Basis enam sisi emas ini melambangkan harmoni dan kesimbangan saat merayakan seluruh capaian Abdul-Jabbar yang meraih enam gelar NBA-nya dan berbagai pengharagaan di luar pertandingan,” lanjut NBA dalam keterangannya.

Carmelo Anthony terpilih sebagai penerima Kareem Abdul-Jabbar Social Justice Champion Award 2020-2021 lalu. Terpilihnya Anthony, yang saat itu masih membela Portland Trail Balzer, tidak lepas dari perannya selama hampir dua dekade terakhir terlibat dalam Social Change Fund. Bekerja sama dengan Chris Paul dan Dwyane Wade, mereka berkontribusi untuk membantu komunitas kulit hitam melawan diskriminasi secara ekonomi dan sosial.

Para pemain yang masuk nominasi itu mendapatkan uang amal sebesar USD25 ribu. Untuk pemenang penghargaan Abdul-Jabbar mendapatkan USD100 ribu. Mereka bebas memilih ke mana uang tersebut disalurkan. Anthony sendiri menyumbangkan uang tersebut untuk Portland Art Museum’s Black Arts and Experience Initiative. (rag)

Foto: NBA dan Getty Images

Komentar