IBL

Permasalahan Ben Simmons dan Philadelphia 76ers belum juga usai. Meski sudah pindah ke Brooklyn Nets sejak Februari lalu, tampaknya konflik Simmons dan Sixers justru memulai babak baru. Dikutip dari ESPN, Simmons mengajukan gugatan hampir USD20 juta (setara Rp287 miliar) atas gajinya yang dipotong Sixers musim ini.

Saat ini gugatan tersebut sedang dalam proses arbritase. Hal itu juga memungkinkan berdampak pada kontrak pemain NBA di masa depan. NBA dan Asosiasi Pemain NBA (NBPA) sedang berselisih mengenani masalah kesehatan mental dan kontrak pemain agar bisa ditangani.

Sixers bersikeras menyatakan bahwa Simmons telah melanggar kontrak. Pemain asal Australia itu tidak datang di pemusatan latihan dan menolak tampil di pramusim dan musim reguler. Karena hal tersebut, Sixers memberi “hukuman” dengan memotong gaji Simmons selama mangkir.

Simmons sendiri beralasan bahwa dirinya tidak siap tampil karena faktor kesehatan mental. Kegagalan Sixers di semifinal Wilayah Timur pada musim lalu menjadi penyebab utamanya. Performa Simmons dianggap tidak cukup baik.

Sebelumnya, agen Simmons, Rich Paul dari Klutch Sports telah berkomunikasi dengan Sixers perihal masalah tersebut. Hal itu dilakukan sebelum Simmons bertukar tempat dengan James Harden dari Nets. Sayangnya, pembicaraan itu berakhir tanpa ada solusi yang jelas. Ini yang mendorong pihak Simmons untuk mengajukan gugatan ke Sixers.

Pemotongan gaji sebesar USD360 ribu (sekitar Rp5 miliar lebih) per gim yang dilewatkan Simmons. Berdasarkan perjanjian perundingan dengan NBA, gugatan harus dimulai dalam waktu 30 hari sejak masalah yang dipermasalahkan terjadi atau dalam jangka waktu yang sama sejak fakta dari masalah itu diketahui.

Ini sudah enam pekan sejak Simmons pindah ke Nets. “Perpindahan itu tidak menjadi dasar 30 hari untuk memulai gugatan karena masalah tersebut telah berlangsung sepanjang musim,” ujar sumber dari ESPN.

Simmons sendiri belum bermain lagi sejak babak playoff pada Juni 2020 lalu. Dia juga belum debut di Nets karena mengalami cedera punggung. Cedera tersebut juga memengaruhi penampilan pemain berusia 25 tahun itu selama musim lalu. (rag)

Foto: Matt Slocum/AFP

Komentar