IBL

NSH Mountain Gold Timika menang telak atas Evos Thunder Bogor, 84-61. Sama-sama memainkan laga ke-18, hasil ini seolah mengukuhkan posisi masing-masing tim di klasemen. NSH mantap terus menapaki papan atas dan mengincar babak playoff dengan 14 kemenangan, sementara Evos menginjak 15 kekalahan dan sudah pasti tak lolos.

Bermain di laga terakhir hari ke-20, 23 Maret di Hall Basket Senayan, kuarter pertama langsung berjalan ketat. Evos nyaris unggul di sepanjang kuarter sebelum garda NSH Mountain Gold Shavar Newkirk membalik keunggulan menjadi 14-13 lewat sebuah tembakan dua angka dua menit sebelum kuarter pertama usai. Newkirk kemudian menutup kuarter pertama dengan tambahan tembakan dua angka. NSH unggul sementara 16-13.

Kekuatan Evos di dalam area kunci, baik melalui penetrasi maupun aksi-aksi permainan pos membuat mereka mampu mengimbangi NSH. Pada kuarter kedua, akurasi (FG) Evos dari tembakan dua angka mencapai angka 61 persen. Sementara NSH hanya 41 persen di dua angka. NSH mengincar poin dan tajam dari balik busur tripoin. Baik Evos maupun NSH sama-sama mencetak 17 angka di kuarter ini. NSH memasukkan 3 dari 7 percobaan tripoin.

Selain itu, NSH juga berhasil memanfaatkan kesalahan-kesalahan sendiri para pemain Evos Thunder. Dari 24 turnover yang diakumulasi oleh Evos, berbuah 25 poin bagi NSH. “Hari ini NSH bisa sangat produktif dari tripoin. Mereka juga bisa memanfaatkan kesalahan-kesalahan yang kami lakukan sehingga poin dari turnover mereka juga bagus. Permasalahan kami dari awal masih sama. Ketika buntu, para pemain kehilangan konsentrasi,” jelas Andre Yuwadi, Kepala Pelatih Evos Thunder.

“Saya bangga sekali dengan para pemain saya. Saya selalu percaya bahwa Evos adalah tim kuat yang bisa mengalahkan siapa saja. Apalagi saat Ruslan terjatuh di awal kuarter pertama dan menyisakan lima pemain kecil di lapangan. Saya rasa, kekuatan hati dan kemauan untuk menang yang membawa kami unggul khususnya di babak kedua. Energi kami di babak pertama sangat rendah. Tembakan Andre (Rorimpandey) di awal kuarter ketiga salah satu yang mengangkat tim ini tadi,” ungkap Kepala Pelatih NSH Anthony Garbelotto susai laga.

NSH memasukkan total 12 dari 26 percobaan tripoin (46 persen), sementara Evos hanya memasukkan 4 dari 17 percobaan (23 persen). Andre Rorimpandey memasukkan 4 dari 7 tripoinnya dan mencetak total 20 poin, 6 rebound, 3 asis. Ada lima pemain NSH mencetak poin dengan digit ganda. Shavar Newkirk terbanyak dengan 22 poin, ditambah 8 rebound, dan 7 asis. Tiga pemain lainnya adalah Randika Aprilian dengan 14 poin, Rizky Pranata 11 poin, dan Hengki Infandi 10 poin. Pada kubu Evos, Jaywuan Hill terbanyak dengan 20 poin. Disusul oleh Tri Hartanto dengan 10 poin.

Berada di dalam satu grup Divisi Putih, kemenangan ini adalah kemenangan kedua NSH atas Evos Thunder. Pada pertemuan pertama, NSH menang 67-53.

Persaingan menuju babak playoff semakin seru karena musim reguler 2022 menyisakan delapan hari lagi dan rata-rata setiap tim hanya menyisakan 4 atau 5 lagi.(*)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar