IBL

NBA terakhir melakukan ekspansi, atau memasukkan tim baru pada tahun 2004. Saat itu liga menambahkan tim ke-30 sebagai kontestan yaitu Charlotte Bobcats. Kini kabarnya NBA sedang membuka wacana untuk menambah klub. Isu hangatnya, LeBron James dikaitkan dengan kabar ini. 

Rencananya, NBA bakal menambah tim baru yang berdomisili di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Setelah kabar ini muncul, isu-isu seputar penambahan tim baru mulai berhembus. Terbaru ada Bill Simmons, pendiri The Ringer, yang menyebutkan bahwa LeBron James terlibat dalam rencana tersebut.

Dalam episode baru The Bill Simmons Podcast, setelah gagal mengakuisisi Minnesota Timberwolves, Fenway Sports Group digadang-gadang menjadi pemegang saham utama dari tim baru ini. Mereka memang punya keinginan besar untuk ikut berkecimpung di liga basket terbaik di dunia tersebut. 

"Ini adalah skenario awal di mana LeBron James akan menentukan masa depannya. Dia (LeBron James) ingin memiliki tim sendiri di NBA, dan ini kesempatan bagus buatnya," kata jurnalis Amerika Serikat tersebut. 

Menambah tim menjadi langkah nyata bagi NBA untuk memperbaiki keuangan mereka. Sebab, di masa pandemi covid-19 ini, laba NBA turun. Menurut Sports Illustrated, NBA bisa mendapatkan keuntungan sebesar 6 hingga 7 miliar dolar Amerika Serikat dari penambahan dua tim baru. Apalagi kalau tim tersebut ada di Las Vegas. 

"Saya hanya mengatakan kemungkinan saja. Saya pikir ini bakal bagus, kalau tim milik LeBron James ada di Las Vegas," ungkap Bill Simmons. 

Masih terkait dengan kabar ini, pada bulan Oktober 2021 lalu, Adam Silver pernah menjawab pertanyaan dari Mike Akers dari Las Vegas Review-Journal. Mike menanyakan apakah NBA bakal memiliki tim di Las Vegas. Saat itu Silver menjawab bahwa liga belum siap untuk itu, namun Las Vegas ada dalam daftar NBA sebagai tempat ekspansi berikutnya. 

NBA tampaknya bakal segera menyusul NHL dan NFL. Sebab dua liga tersebut sukses besar ketika menghadirkan tim di Las Vegas, yaitu Golden Knights dan Raiders. Meski bukan dalam waktu dekat ini, namun NBA sepertinya sudah memikirkan untuk menambah tim sebagai kontestan baru. (tor)

Foto: NY Daily News 

 

Komentar