IBL

Masih dari rangkaian NBA All-Star 2022 di Cleveland. Komisaris NBA Adam Silver dalam acara All-Star Tech Summit akhir pekan lalu memperkenalkan sebuah teknologi baru yang dikembangkan NBA dengan Meta. Teknologi tersebut dinamakan "Coach Nat" atau singkatan dari NBA Augmented Telepresence. 

Adam Silver tampil memperkenalkan Coach Nat di depan para peserta yang kebanyakan dari pelatih dan manajemen klub. Silver mengajak Coach Nat berbicara selayaknya dengan sesama manusia. Padahal Coach Nat adalah sebuah program komputer virtual yang dapat mengajarkan bola basket. 

"Peran saya adalah membantu melatih, dan mengembangkan talenta NBA generasi berikutnya. Saya tahu semua gerakan terbaik, dan saya tidak terikat oleh satu dimensi. Saya bahkan bisa melakukan tembakan gratis," kata Coach Nat, yang suaranya mirip Shaquille O'Neal.

Adam Silver memang sudah mengembangkan beberapa rencana baru untuk liga, di luar permainan. Liga sudah mengumumkan wacana untuk membuat program "Web 3" atau "metaverse" bagi penonton yang ingin merasakan suasana arena NBA saat ada pertandingan. Silver bahkan sudah berpikir untuk memberikan kesempatan kepada penonton untuk merasakan berada di ruang ganti pemain secara virtual. 

"Apa yang dikembangkan sekarang membuat NBA lebih menarik. Mungkin saja Anda bisa membeli tiket kursi digital, di mana Anda bisa merasakan ada di arena, meski tetap duduk di rumah masing-masing," kata Silver, dikutip dari Cleveland.com.

Saat ini dalam pengembangan teknologinya, NBA menjalin kerjasama dengan Meta. Perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan produk Facebook, yang kini menjadi sponsor siaran NBA di ESPN dan ABC. Meta juga berpartisipasi dalam NBA Crossover di Cleveland. Mereka membuat arena permainan VR Beat Saber untuk meramaikan gelaran NBA All-Star 2022. (tor)

Foto: Spin.ph 

Komentar