IBL

The National Basketball Association (NBA) dan the National Basketball Players Association (NBPA) akan kembali menggelar laga ekshibisi di Afrika. Laga ini menjadi yang ketiga dalam tiga tahun terakhir. Untuk gelaran yang akan digelar Sabtu, 4 Agustus 2018, waktu setempat ini, Sun Arena at Time Square, Pretoria, Afrika Selatan, dipilih sebagai tempatnya. Gelaran ketiga ini juga dirasa semakin spesial karena sekaligus memperingati 100 tahun kelahiran tokoh Afrika, Nelson Mandela. Mandela yang meninggal pada 5 Desember 2013 lalu lahir pada 18 Juli 1918. Selain itu, acara ini juga akan menandai 16 tahun Basketball Without Borders Africa.

Sama seperti dua penyelenggaraan sebelumnya, dua tim yang bertanding adalah Team Africa melawan Team World. Team Africa bermaterikan pemain-pemain NBA yang lahir di benua yang biasa disebut benua hitam tersebut. Sementara Team World akan diisi oleh semua pemain dari berbagai macam negara.

Rilis resmi NBA sudah memastikan siapa-siapa saja yang akan berlaga pada laga ini. Asisten pelatih Miami Heat, Juwan Howard, didapuk sebagai kepala pelatih Team Africa. Luol Deng, Ian Mahinmi, Al-Farouq Aminu, Bismack Biyombo, Chick Diallo, Evan Fournier, Timothe Luwawu-Cabarrot, Pascal Siakam, Serge Ibaka, dan Joel Embiid akan bertarung untuk panji Team Africa. Sementara Team World akan bermaterikan Harrison Barnes, John Collins, JaVale McGree, Dennis Smith Jr., Marvin Williams, Danilo Gallinari, Rudy Gay, Khris Middleton, dan Hassan Whiteside. Pasukan dunia akan dipimpin oleh asisten pelatih San Antonio Spurs asal Italia, Ettore Messina.

Tidak hanya pemain, beberapa tim pelatih dan manajemen juga akan ikut serta dalam laga ini. Bill Bayno, Harold Ellis, Adrian Griffin, Mark Hughes, B.J. Johnson, Patrick Mutombo, dan David Vanterpool mewakili deretan asisten pelatih. Sementara manajemen tim NBA diwakili oleh Becky Bonner, Prosper Karangwa, Will Sevening, Stanford Williams, Masai Ujiri, dan Rob Pelinka. Dalam gelaran sebelumnya, legenda NBA seperti Hakeem Olajuwon dan Dikembe Mutombo juga sempat bermain.

Laga ini juga akan dihadiri Komisaris NBA, Adam Silver dan legenda NBA, Kareem Abdul-Jabbar. Di dua gelaran sebelumya, seluruh tiket yang disediakan penyelenggara selalu habis terjual. Hasil penjualan seluruhnya langung disalurkan untuk kegiatan amal melalui beberapa badan amal seperti Nelson Mandela Foundation dan UNICEF.

NBA Africa Game mendapatkan tempat tersendiri di NBA mengingat ada cukup banyak koneksi pemain dengan benua tersebut. Tercatat ada lebih dari 80 pemain aktif ataupun pensiun yang memiliki hubungan langsung seperti orang tua, atau tempat lahir yang berasal dari Afrika.

Foto: NBA

 

Komentar