IBL

Phoenix Suns memiliki rekor terbaik di NBA musim ini, di bawah kepemimpinan Monty Williams. Pelatih berusia 50 tahun tersebut juga akan bertugas sebagai kepala pelatih NBA All-Star 2022. Ini merupakan tugas pertama sepanjang karirnya. Ditanya soal perjalanan karir menjadi pelatih, Williams menilai bahwa salah satu yang berjasa selama ini adalah Kevin Durant. Williams punya ikatan yang kuat dengan bintang Brooklyn Nets tersebut. 

Monty Williams dan Kevin Durant pernah satu atap. Williams adalah associate head coach di tim Oklahoma City Thunder di musim 2015-2016. Saat itu Durant masih berstatus sebagai bintang Thunder. Williams juga pernah bertugas menjadi asisten pelatih timnas USA sejak 2013 hingga 2016. Durant pernah masuk roster timnas USA di periode tersebut. 

"Dia (Kevin Durant) adalah salah satu pemain paling rajin yang pernah saya miliki," kata Williams, dikutip dari The Athletic. "Dia pemain yang ketika saya melatihnya, dia mendorong saya untuk melihat betapa keras dia berlatih untuk mendapatkan semua ini. Dia pemain pertama yang mendukung saya sebagai pelatih di liga. 

Williams juga mengungkapkan kekagumannya kepada Durant ketika pemain tersebut bangkit kembali dari cedera Achilles yang pecah pada 2019. Cedera tersebut membuatnya kehilangan peluang mendapatkan gelar juara di musim pertamanya bersama Brooklyn Nets. 

Menurut Williams, Durant berhasil menghadapi tekanan dari cedera paling melemahkan yang menimpa seorang pemain NBA.

Salah satu peristiwa yang selalu diingat Williams tentang Durant adalah ketika pemain tersebut masuk ke ruang rapat pelatih, dan memintanya keluar. Saat itu Durant mengatakan kalau Williams harus mendampinginya berlatih.

"Dia pernah menyuruh saya keluar dari rapat, dan kami mulai program latihan. Menurut saya, Durant adalah orang yang sangat luar biasa. Karena saat itu, dia berani meminta saya untuk mendampingi latihan, dan tak peduli dengan pelatih lainnya," katanya. 

Durant juga berhasil membuka mata Williams tentang usaha seorang pemain untuk menjadi yang terbaik. Itu terjadi ketika Williams dan Durant sama-sama berada di timnas USA. Williams mengakui bahwa Durant sudah memengaruhi gaya kepelatihannya, sehingga sekarang dia bisa membantu para pemain Suns bersinar. 

"Ketika di timnas USA bersama Durant, itu momen pembelajaran yang berharga bagi saya. Karena saya lebih memahami bagaimana seorang pemain membuat diri mereka lebih baik lagi. Durant mengajarkan kepada saya tentang apa yang harus diperhatikan seorang pelatih untuk membuat pemainnya nyaman dalam berlatih, juga tentang detail-detail yang dibutuhkan dalam latihan," ungkap Williams. 

Durant sekarang sedang menjalani rehabilitasi untuk menyembuhkan cedera MCL. Dia diperkirakan absen hingga NBA All-Star 2022 pada 20 Februari mendatang. Namun catatan statistiknya sebelum cedera, membuatnya masuk dalam bursa calon MVP musim ini. Durant mencatatkan rata-rata 29,3 poin per gim, dan memimpin liga dalam hal akurasi tembakan keseluruhan dengan 52 persen, 37 persen dari tembakan tiga angka, dan 89,4 persen dari tembakan gratis. Dia juga menunjukkan kemampuannya sebagai fasilitator yang baik dengan mencetak 5,8 asis per gim. Lewat data-data tersebut maka Monty Williams berani mengatakan kalau NBA kurang menarik tanpa Kevin Durant. (tor)

Foto: NY Post

Komentar