IBL

LeBron James langganan All Star sepanjang karirnya di NBA. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa LeBron pernah bersumpah untuk menjadi yang pertama, setelah tidak terpilih sebagai pemain All Star pada musim pertamanya di NBA. Sekarang LeBron sudah menyamai rekor Michael Jordan yang terpilih sebagai All Star dengan suara terbanyak sembilan kali. 

Pada musim pertamanya di NBA, LeBron tersingkir dari persaingan All Star. Ini setelah dalam pemungutan suara untuk kategori garda, dia menjadi urutan keempat di belakang Allen Iverson, Tracy McGrady, dan Jason Kidd. Pada tahun 2004 tersebut, pelatih tim East memilik Kidd, Baron Davis, Paul Pierce, dan Michael Redd sebagai pemain cadangan. Waktu itu, LeBron yang sakit hati menolak dirinya menjadi pemain pengganti apabila ada pemain All Star yang cedera. 

Setelah pemilihan tersebut, LeBron bersumpah untuk tidak melewatkan laga All Star sepanjang karirnya. Dan, itu terwujud hingga sekarang. Dalam musim ke-19 di NBA, dia sudah terpilih sebagai All Star 18 kali. Tak hanya itu, LeBron tidak ingin ada perdebatan, sehingga dia ingin ada di pilihan pertama dalam pemungutan suara NBA All Star.

"Saya bukan bagian dari All Star sejak awal, jadi saya tidak ingin menjadi bagian dari tim tersebut, kalau hanya sebagai pemain pengganti," kata LeBron, mengenang tahun 2004. "Saya adalah anak tunggal, dan tidak ingin menjadi yang kedua."

LeBron James tahun ini terpilih menjadi All Star dengan suara mutlak, dan dinobatkan sebagai kapten. Menurut data Yahoo!Sports, dari 18 kali menjadi starter, LeBron punya catatan sembilan kali terpilih dengan suara terbanyak. Rekor tersebut menyamai pencapaian milik Michael Jordan. Sementara, di bawah LeBron dan Jordan ada nama Julius Erving, Vince Carter, dan mendiang Kobe Bryant yang terpilih sebagai All Star dengan jumlah suara terbanyak empat kali. 

Tak cukup sampai di situ, LeBron malah sudah memimpin perolehan suara dalam NBA All Star enam musim berturut-turut. Sebagai tim kapten, dia juga punya prestasi gemilang. LeBron sudah empat kali memenangkan laga All Star sebagai kapten. Tak heran kalau dirinya masih punya pendukung setia, dan tetap ingin menyaksikan penampilan "Sang Raja" di laga para bintang. 

"Ini adalah sesuatu yang tidak pernah saya impikan," ujar LeBron ketika memenangi pemungutan suara All Star musim ini. "Saya selalu ingin jadi All Star, tapi lebih dari itu, saya ingin menjadi peraih suara terbanyak seperti Vince (Carter), Shaquille O'Neal, Dwyane Wade, dan Allen Iverson."

LeBron akan memimpin rekan-rekannya dari Wilayah Barat. Empat pemain starter All Star dari Barat antara lain Stephen Curry (Golden State Warriors), Ja Morant (Memphis Grizzlies), Nikola Jokic (Denver Nuggets), dan Andrew Wiggins (Golden State Warriors). (tor)

Foto: LeBron James 

 

Komentar