IBL

Pemungutan suara (voting) NBA All Star 2022 telah berakhir. Kamis, 27 Januari 2022, waktu setempat, NBA melalui akuj media sosial resmi mereka mengumumkan 10 pemain yang terpilih sebagai barisan starter. Jumlah ini masih dibagi berdasarkan dua wilayah.

Di Wilayah Barat, LeBron James kembali memperoleh suara terbanyak dari masyarakat. LeBron pun kembali menjadi kapten tim. Ya, seperti lima musim terakhir, NBA All Star masih akan menggunakan sistem kapten yang nantinya akan memilih starter mereka melalui proses draft.

Di belakang LeBron ada Stephen Curry. Ini jadi All Star kedelapan Curry sepanjang kariernya. Di lapangan belakang (backcourt), Curry akan ditemani debutan All Star asal Memphis Grizzlies, Ja Morant. Performa apik Ja membuatnya mendapatkan suara terbanyak kedua di posisi garda Wilayah Barat.

Ja bukanlah satu-satunya debutan di Wilayah Barat. Forwarda Golden State Warriors, Andrew Wiggins juga masuk daftar. Performa solidnya bersama Warriors musim ini berhasil memikat para penggemar untuk memberinya suara. Terakhir, starter Wilayah Barat ditutup oleh MVP NBA musim lalu sekaligus kandidat terdepan MVP musim ini, Nikola Jokic.

Bergeser ke Wilayah Timur, pemilik suara terbanyak sekaligus kapten adalah Kevin Durant. Sayangnya, kemungkinan besar Durant tidak bisa bermain di gim All Star nanti karena cedera MCL. Namun, semuanya masih dalam tahap kemungkinan. 

DeMar DeRozan yang tampil heroik dengan Chicago Bulls masuk ke starter tahun ini. Ini jadi kali kelima DeRozan menjadi All Star dan ketiga sebagai starter. DeRozan terakhir kali masuk All Star pada 2018. 

Trae Young menyusul DeRozan sebagai starter yang absen di gelaran sebelumnya. Untuk Trae, ini jadi All Star keduanya yang semuanya menjadi starter. Trae jadi starter di 2020 dan tidak terpilih musim lalu. 

Dua dari tiga kandidat terdepan MVP musim ini melengkapi daftar. Joel Embiid dan Giannis Antetokounmpo adalah dua nama di belakang perolehan suara Kevin Durant. Bersama Durant pula, ketiganya adalah starter Wilayah Timur musim lalu.

Seiring munculnya nama-nama starter NBA All Star 2022 ini, perdebatan pun dimulai. Pasalnya, tidak ada satupun pemain dari tim pemuncak klasemen sementara wilayah masing-masing yang terpilih, tidak ada satupun pemain dari Phoenix Suns ataupun Miami Heat.

Pun demikian, para penggemar tak perlu khawatir. Kedua tim itu kemungkinan besar akan mengirimkan wakil mereka saat pelatih tim-tim NBA memilih pasukan cadangan untuk gim All Star nanti. Jika ada pemain yang berhalangan bermain, maka komisaris NBA, Adam Silver, akan memilih penggantinya.

Barisan cadangan akan diumumkan pada 3 Februari 2022, waktu setempat. Untuk All Dtar draft yang akan dilakukan oleh LeBron dan Durant, akan dilakukan pada 10 Februari 2022. Gim puncak All Star diselenggarakan 10 hari setelahnya. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar