IBL

Acara puncak rangkaian NBA All Star 2022 berjalan mulus, Minggu, 20 Februari. Meski harus dibuka dengan kabar cedera Chris Paul dan gagal tampilnya Donovan Mitchell akibat masalah pernapasan (bukan covid-19), gim tetap berlangsung seru.

Kedua tim tampil sengit dan total hanya berjarak satu poin saja setelah kuarter tiga berakhir. Mengejar angka 163, kedua tim sempat dalam posisi berjarak satu bola dengan kemenangan. Namun, bola yang berada di penguasaan Tin LeBron jadi pembeda.

DeMar DeRozan yang membawa bola menyadari LeBron James meminta bola di area high post dan dalam situasi satu lawan satu dengan Zach LaVine. Setelah dua kali lantunan bola, LeBron melepaskan tembakan fadeaway yang menutup pertandingan. Tim LeBron menang 163-160 atas Tim Durant.

LeBron menutup gim dengan 24 poin, 6 rebound, dan 8 asis. Angka-angka yang sangat menggambarkan dirinya dan mendiang Kobe Bryant. Giannis Antetokounmpo dobel-dobel dengan 30 poin, 12 rebound, dan 6 asis. Namun, dua pemain ini tak pulang dengan gelar MVP All Star.

Gelar yang kini berhadiah the Kobe Bryant Trophy ini jadi milik Stephen Curry yang tampil gila. Curry menutup gim dengan 50 poin dan 5 rebound. Curry melepaskan 30 total tembakan dengan 27 di antaranya adalah tripoin. Dari jumlah itu, ia memasukkan 16 tripoin dan satu tambahan tembakan dua poin.

Catatan poin tersebut jadi yang tertinggi kedua sepanjang sejarah gim All Star. Catatan tertinggi dipegang oleh Anthony Davis dengan 52 poin pada 2017. Di lain sisi, Curry menggeser rekor tripoin terbanyak dalam satu gim All Star milik Paul George yang memasukkan 9 tripoin. Ini jadi MVP All Star pertama Curry dalam kariernya.

Di Tim Durant, Joel Embiid dan Trae Young masing-masing membukukan dobel-dobel. Embiid mencetak 36 poin, 10 rebound, dan 4 asis. Young menyusul dengan 13 poin dan 10 asis. Devin Booker memimpin barisan cadangan dengan 20 poin. 

Hasil ini membuat LeBron James belum pernah kalah sebagai kapten tim All Star sejak format ini digunakan. Dalam lima kali penyelenggaraan dengan format pertandingan yang berbeda dalam tiga musim terakhir, LeBron pun masih tak terkalahkan.

Di jeda gim, selain ada Halftime Show yang menghadirkan Spike Lee, Tiffany Hadish, Usher, Anthony Anderson, hingga Earth, Wind, & Fire, ada juga upacara perayaan 75 tahun NBA dengan memanggil 75 pemain terbaik sepanjang masa.

Seluruh nama yang masih hidup hadir dan yang lebih dulu meninggalkan dunia ini diwakilkan oleh keluarga masing-masing. Tampak Vanessa Bryant, istri mendiang Kobe juga hadir di sana. Michael Jordan menjadi salah satu yang paling mendapatkan sambutan riuh, sedangkan Allen Iverson dan Dennis Rodman tetap tampil ala mereka.

NBA akan libur selama empat hari ke depan. Gim musim reguler akan kembali digelar pada 25 Februari 2022, waktu Indonesia. Gim pertama pascalibur adalah Cleveland Cavaliers melawan Detroit Pistons. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar