IBL

Indonesia Patriots harus menelan pil pahit di gim pertamanya di IBL musim 2022. Mereka kalah dari Bali United dengan skor 62-55, pada Minggu 16 Januari 2022. Di balik kegagalan tersebut, nahkoda baru Indonesia Patriots, Milos Pejic mengakui kekalahan tersebut disebabkan pengalaman dari anak-anak muda yang baru ia pegang kurang dari satu bulan terakhir.

“Pengalaman jadi penyebab utama kekalahan kami. Para pemain masih sangat muda. Kami masih perlu adaptasi, ditambah lawan yang agresif jadi faktor lainnya,” ucap Milos usai pertandingan. Indonesia Patriots sendiri sebenarnya tidak terlalu kalah jauh. Bahkan, mereka sempat unggul di kuarter pertama dengan mencetak enam poin dari lawannya.

Namun, komposisi pemain asing serta pemain yang lebih senior, Bali United bisa mengembalikan kedudukan. Para penggawa Indonesia Patriots terlihat mulai kesulitan menambah poin, ketika dua tembakan bebas dari Kendal Yancy menyamakan kedudukan menjadi 6-6.

Kurang dari satu menit, tripoin Surliyadin membawa Bali United memimpin pertandingan dengan skor 9-6 atas Indonesia Patriots. Sebelum akhirnya dua poin dari Joseph Paian Desmet mengunci kemenangan Bali United di kuarter pertama menjadi 13-10.

Pada laga sore tadi, Yancy sendiri tampil sangat baik untuk Bali United. Garda bernomor punggung 0 itu turut menyumbang 15 poin dan 8 rebound bagi timnya. Menyusul ada Lutfi Eka Koswara yang turut membukukan 10 poin dan 4 rebound untuk Bali United.

Sementara, dari kubu lawan sendiri, Serigne Modou Kane dan Mario Davidson jadi mesin poin bagi timnya. Kedua pemain tersebut mencetak total 24 poin bagi Indonesia Patriots. Sayangnya, keunggulan enam poin mereka tidak dapat terulang hingga akhir laga. Meskipun, Bali United sendiri acap kali dibuat kerepotan dengan daya gedor anak-anak muda itu. Untungya, Bali United bisa menjaga keunggulan dan menutup gim dengan kemenangan 62-55.

Aleksandar Stefanovski, pelatih Bali United memang sudah yakin timnya akan menang. Meskipun daya ledak Indonesia Patriots begitu menggebu. “Gim ini sudah kami persiapkan jauh-jauh hari. Kami melatih defense dan offense dengan baik. Saya juga sudah baca peta permainan tim lawan dan saya sudah yakin kami menang hari ini,” terangnya.

Ponsianus Nyoman Indrawan, kapten tim Bali United menambahkan bahwa timnya memang sudah siap berhadapan dengan Indonesia Patriots. “Di awal gim mereka pasti masih cari-cari kesempatan. Kuarter ketiga dan keempat mereka mulai nge-gas, tapi kami bisa konsisten jaga pertahanan. Kami akan lebih perbaiki soal eksekusi di lapangan,” terangnya.

Bali United akan berhadapan melawan Tangerang Hawks Basketball pada Selasa 18 Januari 2022 mendatang. Di lain sisi, Indonesia Patriots akan bersua Evos Thunder Bogor di hari yang sama. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar