IBL

LeBron James menjadi sorotan ketika Los Angeles Lakers bertanding melawan Indiana Pacers. Selain menjadi penentu kemenangan, banyak hal yang dilakukan "Sang Raja" sehingga dirinya harus menerima denda dari NBA sebesar AS$15 ribu, atau setara dengan 216 juta rupiah. 

LeBron pasti kesal ketika dirinya diskors satu pertandingan, karena insiden di Detroit Pistons. Setelah absen melawan New York Knicks, dia tampak berapi-api ketika tampil di markas Indiana Pacers, Rabu malam, waktu Amerika Serikat. Waktu itu, LeBron membawa Lakers menang 124-116 atas Pacers, lewat babak tambahan waktu. 

Namun banyak drama yang dibuat LeBron di laga ini. Mulai dari mengusir penonton, melakukan selebrasi dengan tarian terlarang, hingga menyebut lawan dengan bahasa yang tidak pantas. Oleh karenanya, LeBron diberikan sanksi denda sebesar 216 juta rupiah.

Soal pengusiran penonton memang tidak masalah. Karena LeBron sendiri sudah dua kali dalam dua musim terakhir melakukan hal yang sama. Ketika dia merasa tidak nyaman, maka akan mengusir penonton keluar arena. Tapi tindakan tersebut memang diperbolehkan oleh NBA.

Baca juga: LeBron James Minta Penonton Pacers Dikeluarkan dari Arena

Tapi masalah lain datang dari selebrasi. Pada sisa waktu 1 menit 17 detik di kuarter keempat, LeBron memasukkan tembakan tripoin melewati Miles Turner untuk menyamakan kedudukan. Setelah bolanya masuk, LeBron merayakannya dengan melakukan "big ball dance" yang identik dengan Sam Cassell. Salah satu legenda NBA yang identik tarian tersebut. 

Menurut Bleacher Report, tarian tersebut berasal dari Jepang, di masa Keshogunan Tokugawa (1600-1868 Masehi). Kemudian Sam Cassell yang membawanya ke NBA. Sampai pada akhirnya, David Stern sebagai komisioner NBA saat itu melarang tarian tersebut. Pada tahun 2013 dua pemain NBA didenda karena melakukan "big ball dance", yaitu Andray Blatche (Brooklyn Nets) dan Caron Butler (Milwaukee Bucks).

Ternyata denda tidak membuat para pemain NBA jera. Bahkan mendiang Kobe Bryant pernah melakukan selebrasi ini. Terbaru, selain LeBron, pemain Toronto Raptors Fred VanVleet juga didenda dengan jumlah yang sama karena melakukan tarian terlarang ini. 

Ternyata LeBron tidak hanya mendapatkan sanksi denda dari NBA. Dia juga menerima peringatan dari liga karena menggunakan bahasa yang tidak pantas selama sesi wawancara usai laga melawan Pacers. Khusussnya ketika LeBron menceritakan soal insiden di Detroit Pistons. Ketika menyebut nama Isaiah Stewart, dia menggantinya dengan sebutan lain. (tor)

Foto: USA Today

 

Komentar