IBL

Sudah lebih dari satu bulan NBA berlangsung dan kita masih tidak melihat John Wall. Ia ada di lapangan, hampir di semua gim Houston Rockets, namun ia tidak pernah turun bermain. Bukan karena cedera, sebelum musim dimulai, media mengabarkan bahwa Rockets dan Wall telah menemukan kesepaktan untuk tak bermain bersama. Rockets akan berupaya menukar Wall ke tim lain.

(Baca juga: Houston Rockets dan John Wall Tak Akan Bersama untuk Musim 2021-2022)

Namun, pernyataan ini menjadi membingungkan setelah cuitan terbaru Wall. Wall menanggapi warganet yang menanggapi artikel terbaru dari Sports Illustrated. Artikel buatan Chris Mannix tersebut memiliki tujuan akhir untuk memulai kampanye “Membebaskan Johh Wall,” membiarkan Wall bermain untuk Rockets. Untuk Mannix, tidak ada gunanya Wall terus menepi.

Seorang warganet mengungkapkan bahwa Wall tidak bermain karena ia dihukum oleh Rockets. Ia dihukum atas sesuatu yang tidak bisa ia kontrol. Menariknya, Wall justru membalas cuitan tersebut dengan satu kata,”Fakta.” Sampai artikel ini dibuat, cuitan Wall sudah mendapat atensi ribuan warganet dan memancing komentar beberapa di antaranya.

Pertanyaannya kini, jika Wall dihukum oleh Rockets, apa masalah sebenarnya kedua pihak? Pasalnya, sejak bergabung musim lalu, Wall tak pernah bermasalah selain cedera. Di satu sisi, Wall juga sudah sepakat untuk tak lagi bermain untuk Rockets. Jadi, apakah Wall sebenarnya masih ingin bermain tapi tidak boleh? Atau Wall memang tidak ingin bermain untuk Rockets dan hukuman sebenarnya untuknya adalah dengan tidak ditukar ke tim lain?

Alasan utama Rockets untuk tidak memainkan Wall sebenarnya memang masih diterima dan lumrah di NBA. Dengan semangat membangun ulang (rebuild) skuat secara penuh, mereka ingin memberi kesempatan besar untuk para pemain muda seperti Jalen Green, Kevin Porter Jr., hingga Kenyon Matin Jr.. Namun, dengan fakta bahwa Rockets benar-benar hancur lebur di dasar klasemen NBA, rasanya peran veteran juga masih diperlukan.

Hal seperti ini juga pernah dilakukan oleh Oklahoma City Thunder musim lalu dengan menonaktifkan Al Horford di tengah musim. Hasilnya, mereka menderita banyak kekalahan dan mendapatkan hak memilih tinggi. Namun, satu kemenangan dalam 18 gim juga bukan hal yang ingin disaksikan pendukung Rockets.  Setidaknya Rockets harus memberi hiburan dengan cara memainkan John Wall. (DRMK)

Foto: NBA/USA Today

Komentar