IBL

Timnas Indonesia sudah berada di Amerika Serikat sejak 30 Oktober 2021. Mereka menjalani pemusatan latihan sampai tiba waktunya bertanding di Lebanon pada akhir bulan November nanti. Menurut Manajer Timnas Indonesia Maulana Fareza Tamrella, para pemain mengalami peningkatan mental setelah menjalani dua laga uji coba. 

Dua lawan uji tanding timnas Indonesia tidak main-main. Mereka pemain yang tampil di G-League, bahkan tampak pula salah satu pemain veteran NBA, DeMarcus Cousins yang sekarang tidak bermain di liga. Fareza menjelaskan bahwa uji coba ini memberikan pelajaran berarti untuk timnas. Karena banyak terjadi kontak fisik yang memberikan gambaran kepada pemain bahwa persaingan di kompetisi internasional sangat keras. Apalagi sekelas FIBA World Cup Qualifiers. 

"Memang masih banyak hal yang harus diperbaiki, namun saat ini timnas sudah menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik. Secara mental bertanding, mereka juga lebih siap, untuk menghadapi dua pertandingan melawan Lebanon. Timnas Indonesia juga diberikan kesempatan bertanding melawan pemain sekelas NBA All-Star dan G-League," kata pria yang akrab disapa Mocha tersebut.

Timnas masih menyisakan dua laga uji tanding lagi sebelum berangkat ke Lebanon. Rencananya, timnas akan bertanding melawan Lebanon dalam Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia, pada 26 dan 29 November 2021. 

"Kami berharap agar pemain bisa menyerap semua ilmu dan materi latihan selama di Amerika Serikat. Pemain juga bisa menerapkan strategi yang sudah diberikan oleh pelatih Rajko Toroman di pertandingan, sehingga bisa memberikan hasil terbaik," imbuhnya. 

Di sisi lain, Sekjend PP Perbasi Nirmala Dewi berharap, para pemain menjaga kekompakan di dalam dan luar lapangan. Pemusatan latihan di Amerika Serikat ini diharapkan bisa mematangkan strategi tim, sehingga bisa menang melawan Lebanon.

"Kami yakin training camp di Las Vegas bisa meningkatkan performa timnas. Para pemain diharapkan fokus pada latihan sehingga bisa memberikan yang terbaik saat melawan Lebanon nanti," ujar Nirmala. (*)

Sumber berita dan foto: Rilis PP Perbasi

Komentar