IBL

Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan penghormatan kepada Milwaukee Bucks sebagai juara NBA 2021 di Gedung Putih, Senin, 8 November, waktu setempat. Dalam sambutannya, Presiden Biden memuji Bucks bukan hanya sebuah tim yang bangkit dari tidur panjangnya, namun juga telah ikut andil dalam membawa perubahan di negara tersebut. Bucks merupakan tim juara NBA pertama yang berkunjung ke Gedung Putih sejak 2016. 

Presiden Biden mengungkapkan bahwa Bucks adalah gambaran nyata dari sebuah persatuan. Karena mereka bersatu, tidak peduli berasal dari mana, maka bisa membuat sesuatu yang hebat. Selain itu, Presiden juga menyinggung peran Bucks dalam perjuangan untuk keadilan sosial.

"Kita semua bisa melihat, Bucks menunjukkan nilai-nilai dalam permainan dan olahraga seperti kerja tim, kerja kerasa, dan saling mengormati. Dan, saya yakin semua itu bisa jadi gambaran persatuan. Untuk membela sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri," kata Presiden Biden, dikutip dari CNN. 

"Tahun lalu, sebagai sebuah tim, Bucks mengambil sikap tegas dalam memperjuangkan keadilan sosial. Setelah penembakan Jacob Blake di Kenosha, Wisconsin, mereka melakukan aksi yang luar biasa. Termasuk mengajak seluruh penggemarnya untuk peduli terhadap keadaan yang terjadi. Saya juga masih ingat, ketika saya menelepon pelatih Bucks. Dia memberikan penjelasan bahwa timnya akan mendorong semua orang terlibat dalam pemungutan suara. Bucks juga berperan dalam sosialisasi vaksin di negara ini. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih."

Kunjungan tim juara NBA ke Gedung Putih diawali selama pemerintahan Presiden John F. Kennedy. Tim pertama yang mengunjungi Gedung Putih kala itu adalah Boston Celtics pada tahun 1963. Tradisi tersebut terus dipertahankan di era kepemimpinan Barack Obama, hingga tahun 2016. 

Pada tahun 2017 dan 2018, juara NBA Golden State Warriors enggan memenuhi undangan. Mereka protes terhadap pernyataan Presiden Donald Trump yang mendukung supremasi kulit putih di Charlottesville, Virginia. Sebagai aksi protes tersebut, pada tahun 2018, Warriors malah berkunjung ke Museum Nasional Sejarah dan Budaya Afrika Amerika di Washington. 

Kemudian pada tahun 2019, juara NBA Toronto Raptors juga tidak mau berkunjung ke Gedung Putih. Ini sebagai bentuk protes terhadap pemerintahan Donald Trump. Sementara Los Angeles Lakers yang menjadi juara NBA 2020 tidak berkunjung karena masih dalam situasi pandemi. Tidak ada hubungannya dengan politik. (tor)

Foto: WTVM

Komentar