IBL

Mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama (dan presiden-presiden sebelumnya) selalu mengundang tim juara liga olahraga ke Gedung Putih. Tetapi setelah tidak memimpin Amerika Serikat lagi, tradisi tersebut hilang. Kini Presiden Joe Biden menghidupkan trandisi tersebut. Dan, tim pertama yang akan berkunjung ke Gedung Putih adalah Milwaukee Bucks.

Bucks akan mengunjungi Gedung Putih pada 8 November untuk merayakan gelar juara NBA 2021, yang juga merupakan gelar pertama untuk tim tersebut dalam 50 tahun terakhir.

Bucks memenangkan gelar juara dengan mengalahkan Phoenix Suns dalam enam pertandingan di Final NBA 2021. Pertandingan keenam pada 20 Juli 2021 juga sangat bersejarah bagi mereka, karena Giannis Antetokounmpo mampu mencetak 50 poin.

Kunjungan tersebut bisa dilaksanakan bertepatan dengan pertandingan tandang Bucks melawan Wizards di Washington pada 7 November 2021. Sehari setelah pertandingan, semua anggota klub tersebut akan bertemu dengan Presiden Joe Biden. 

"Kami sangat senang, sangat menghargai undangan itu," kata pelatih Bucks, Mike Budenholzer, dikutip dari ESPN. "Kami tahu ini suatu kehormatan dan istimewa, dan kami tak sabar untuk mengunjungi Gedung Putih."

Milwaukee Bucks akan menjadi juara NBA pertama yang dipertandingkan di Gedung Putih sejak 2016. Ketika Cleveland Cavaliers mengunjungi mantan Presiden Barack Obama, di masa-masa akhir jabatannya. Kemudian setelah itu ada beberapa masalah yang terjadi sehingga tradisi juara NBA berkunjung ke Gedung Putih hilang. 

Setelah menjuarai NBA 2017, Golden State Warriors tidak berkunjung ke Gedung Putih. Undangan kunjungan Warriors oleh Presiden Donald Trump. Karena saat itu terjadi pergolakan di dunia olahraga. Trump tidak suka ketika ada pemain NFL kulit hitam yang berlutut saat lagu kebangsaan Amerika Serikat berkumandang. 

Musim berikutnya, 2017-2018, Warriors juga menjadi juara NBA. Tetapi saat itu, bintang Warriors Stephen Curry mengatakan bahwa dia tidak ingin mengunjungi Gedung Putih bila Presiden Donald Trump masih menjabat. Uniknya, saat itu Warriors malah bertemu mantan presiden Barrack Obama. 

Toronto Raptors sebagai juara NBA 2019 juga tidak berkunjung ke Gedung Putih. Kabarnya Raptors memang tidak diundang, dan pihak klub sendiri dengan tegas menolak undangan ke Gedung Putih. Sementara yang terakhir, ada Los Angeles Lakers yang tidak berkunjung ke Gedung Putih sebagai juara NBA 2020. Saat itu, bukan karena masalah politik, namun karena situasi pandemi Covid-19. (tor)

Foto: Milwaukee Bucks

 

Komentar