IBL

Saat geliat NBA pramusim sedang bergulir, sebuah kasus muncul bak petir di siang bolong. Laporan NBC News menyebutkan bahwa ada 18 mantan pemain NBA yang ditangkap dan 16 di antaranya telah ditahan pihak berwajib karena menjadi pelaku penipuan.

Penipuan ini dilakukan kepada NBA sendiri, lebih tepatnya kepada bagian Health and Welfare Benefit Plan, atau semacam bagian jaminan kesehatan NBA. Untuk sekarang, diperkirakan para pensiunan NBA ini telah mengajukan klaim uang senilai AS$4 juta yang mana baru AS$2,5 juta yang sudah cair.

Kejahatan yang dilakukan lebih sering kita sebut dengan penipuan bon palsu. Jadi, para pensiunan NBA ini seolah melakukan pengobatan dan membayar. Lalu, bukti pembayarannya mereka klaim ke NBA. Baik pengobatan dan bukti pembayaran semuanya palsu.

Kasus ini sendiri terbongkar setelah kejanggalan beberapa laporan klaim. Contohnya, salah satu terdakwa, Gregory Smith, yang pernah bermain untuk Houston Rockets, melakukan klaim perawatan gigi pada 20 Desember 2018 di Beverley Hills, Los Angeles, Amerika Serikat.

Menariknya, di tanggal yang sama, rekam perjalanan, email, hingga pemberitaan media memastikan bahwa Smith sedang bermain di Taiwan's Super Basketball League dan mencetak 11 poin untuk timnya, Bank of Taiwan. 

Ada juga bukti pembayaran yang menunjukkan bahwa tiga dari 18 nama tersebut melakukan perawatan gigi di tanggal yang sama, 30 April 2016, dengan jumlah gigi yang sama. Keduanya lantas melakukan pembayaran untuk enam gigi tersebut di tanggal yang sama, 11 Mei 2016.

Pilihan ke-11 NBA Draft 2009, Terrence Williams, diyakini sebagai dalang utama dari aksi ini. Ia adalah sosok yang mengawali perbuatan ini dan mengajak mantan pemain NBA lainnya. Ia juga yang menyiapkan bukti pembayaran palsu tersebut. Di satu titik, Williams bahkan berpura-pura menjadi orang lain untuk mencairkan uang kesehatan ini. Nama paling besar di daftar ini adalah Tony Allen dan Glen "Big Baby" Davis. Keduanya dikenal kala membela Boston Celtics. Lalu ada pula mantan pemain Oklahoma City Thunder, Sebastian Telfair. Mantan pemain Los Angeles Clippers, Darius Miles, serta mantan pemain Lakers, Shannon Brown.

Total terdakwa atas kasus ini sendiri adalah 19 orang. Satu nama lain yang terlibat dan bukan mantan pemain NBA adalah Desiree Allen, istri dari Tony. 

Kasus ini masih akan terus berkembang. Rencananya, NBA akan menggelar jumpa wartawan pada Kamis, 7 Oktober 2021, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA, NBC News

 

Komentar