IBL

Tahun 2020 memang berat bagi banyak pihak akibat pandemi Covid-19. Akan tetapi, hal itu ditanggapi dengan cara berbeda oleh New Balance. Mereka berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk menelurkan lini eksklusif. Yang terbaru adalah sepatu lari modern hasil kerja sama dengan Stone Islands.

Sebagai informasi, Stone Islands adalah merek pakaian outdoor asal Italia. Dibangun oleh Massimo Osti pada 1982. Mereka dikenal karena menghasilkan pakaian dengan motif celup. Potongannya terinspirasi dari kultur militer. Kemudian dimodifkasi sehingga terkesan futuristik dan modern. Bahan kain yang dipakai pun terbilang mumpuni dan mahal. Harga sebuah jaketnya pun cukup tinggi. Rentang Rp8 juta atau lebih.

Akan tetapi, kedua belah pihak sebelumnya sudah bekerja sama pada 2013. Menghadirkan koleksi adalah seri 577 yang terdiri atas dua varian. Proyek terbaru sekaligus menjadi penanda kerjasama jangka panjang dalam menghasilkan lebih banyak lagi produk. Baik bertema olahraga serta gaya hidup.

“New Balance dan Stone Islands adalah perusahaan yang sama-sama punya idealism kuat dengan percaya diri tinggi sehingga berani mengambil keputusan besar. Kami sama-sama punya kemampuan menghadirkan produk yang dapat diterima pecinta kultur sneaker dan fashion secara bersamaan,” ujar Chris Davis selaku Chief Marketing Officer New Balance.

Setali tiga uang, pihak Stone Islands mengagumi konsistensi New Balance di ranah olahraga lari. Mereka sudah melakukannya selama hampir 100 tahun. HIngga kemudian merambah ke lini fashion secara baik. Terbukti dengan para penggemarnya yang tersebar dari seluruh dunia.

“Hanya ada sedikit merek yang bisa disebut ikonik. Mereka disebut demikian karena konsisten dalam mencetak sejarah, bervisi kuat, serta niat kuat mengembangkan produk demi kepuasan konsumen. Kami dan New Balance adalah pihak dengan penjabaran itu,” sebut Carlo Rivetti, Creative Director Stone Islands.

Penjabaran Sepatu

Siluet menggunakan siluet FuelCell RC Elite.Sebuah sepatu lari berstandar marathon yang diperkenalkan pertama kali pada Agustus 2020. Melalui situs resmi, disebutkan kalau New Balance melakukan penelitian lebih lanjut dari versi sebelumnya, yaitu FuelCell 5280.

Fitur yang paling menonjol adalah penempatan plat karbon. Hal yang mulai ramai ditempatkan pada sepatu olahraga masa kini sebagai penyedia keseimbangan persebaran energi pada telapak kaki. Bantalan FuelCell-nya terbilang empuk. Banyak review sepatu lari menyebutkan kalau FuelCell RC Elite paling tepat dipakai berlari jarak jauh.

Akan tetapi, bagian atasnya terbilang jauh berbeda dari sepatu versi umum. Perumusan prototipe dilaksanakan oleh tim desain dari masing-masing merek, Stone Islands Product Research dan New Balance’s Tokyo Design Studio. Secara garis besar, desain mengedepankan tema olahraga berpadu dengan gaya avant-garde layaknya fashion high-end.

Bagian atas jadi poin utama dalam menarik perhatian. Menampilkan panel seakan robek lalu di dalamnya tersemat logo kedua perusahaan. New Balance di sepatu kanan dan Stone Islands di sepatu kiri. Kemudian dua laboratorium pengembangan desain produk tersemat pada ujung lidah.

Warna putih dengan detail merah jadi satu-satunya pilihan bagi yang berminat. Sejauh ini belum ada informasi varian warna berikutnya.

Stone Islands x New Balance RC Elite SI akan dirilis secara resmi mulai 7 Oktober. Diperjualbelikan pertama di gerai-gerai Stone Islands terpilih di dunia. Dilanjutkan dengan penjualan daring di situs stoneislands.com lima hari kemudian. (ajb)

Foto: Stone Islands

Komentar