IBL

New York Knicks musim lalu jadi tim ke-4 yang mencetak tembakan tripoin terbaik di liga dengan 38,3 persen. Tampaknya mereka bakal fokus meningkatkan performa di sisi tripoin. Buktinya, Knicks mendatangkan Evan Fournier dan Kemba Walker.

Kenaikan persentase tripoin Knicks cukup bagus. Pada tahun 2019, mereka memasukkan 33,7 persen tripoin. Mereka hanya setingkat lebih baik dari Cleveland Cavaliers. Tampaknya peningkatan dari sisi tripoin memberi tim pelatih Knicks pencerahan, bahwa mereka punya potensi dari tripoin. Oleh karenanya, musim depan mereka fokus untuk meningkatkan tripoin.

Dari roster yang ada sekarang, Knicks punya RJ Barrett. Dia punya kemampuan menembak dari sudut. Musim lalu, Barrett mencetak tripoin 40 persen. Meningkat 8 persen dari musim pertamanya di liga (2019-2020). Kalau terus ditingkatkan, Knicks sangat diuntungkan dengan keberadaan Barrett.

Bintang utama Knicks, Julius Randle juga tak boleh dianggap remeh. Dia punya persentase tripoin 27,7 persen untuk musim 2019-2020. Kemudian di musim 2020-2021, catatan tersebut meningkat jadi 41,1 persen dari rata-rata 5,5 percobaan tripoin per gim. Bila Randle bisa mempertahankan persentase tersebut, maka Knicks bisa mencetak 40 persen tripoin musim depan.

Pemain ketiga yang patut diperhitungkan adalah Derrick Rose. Pemain veteran tersebut mencetak 41,1 persen tripoin, dengan percobaan rata-rata 1,6 tripoin per gim. Masih ada Imanuel Quickley yang mampu memasukkan 39 persen tripoin dari rata-rata 4,7 percobaan tripoin per gim.

Setelah deretan nama tersebut, Knicks menambahkan dua pemain baru. Mereka adalah Evan Fournier dan Kemba Walker. Fournier mendapatkan kontrak senilai AS$78 juta untuk empat tahun. Musim lalu, pemain Prancis tersebut mencetak 41,3 persen tripoin. Sedangkan Kemba Walker melakukan percobaan rata-rata 8,2 tripoin per gim musim lalu. Meski akurasinya menurun jadi 36 persen. Tapi kalau efisiensi tembakannya bisa ditingkatkan, maka Walker akan sangat membantu Knicks musim depan.

Jadi sekarang sudah jelas, bahwa Knicks akan memaksimalkan potensi tembakan tripoin mereka. Lawan-lawan harus waspada dengan Knicks musim depan. Karena musim lalu, mereka sudah bisa menempati urutan keempat di klasemen akhir Wilayah Timur dengan rekor pertandingan 41-31. Mereka ada di bawah Philadelphia 76ers, Brooklyn Nets, dan Milwaukee Bucks. (tor)

Foto: Knicks Daily

Komentar