IBL

NBA baru saja merilis protokol kesehatan yang baru, khususnya terkait Covid-19. Aturan tersebut belum resmi, atau masih belum dibahas dengan Asosiasi Pemain NBA (NBPA), yang kini dipimpin oleh CJ McCollum. Namun dalam aturan baru ini disebutkan bahwa pemain yang belum vaksin akan diperlakukan seperti "orang asing".

Menurut laporan NBPA, vaksinasi pada pemain di liga sudah 90 persen. Laporan tersebut dibuat pada bulan Juli 2021. Kemudian, NBA juga mengeluarkan aturan soal vaksinasi lengkap kepada semua wasit, ofisial, dan petugas di arena. Semuanya demi keamanan dan keselamatan pemain sendiri.

Baca juga: Ofisial Tim dan Wasit NBA Wajib Vaksin Penuh

NBA tegas dengan keputusannya, bahwa semua pemain harus mendapatkan vaksinasi lengkap. Tetapi pihak NBPA merasa perlu ada yang harus dibicarakan lagi. Sehingga, liga mengeluarkan rancangan aturan seandainya ada pemain yang tidak mau melakukan vaksinasi. Menurut Brian Windhorst dari ESPN, pemain yang tidak mendapatkan vaksin lengkap akan diperlakukan seperti "orang asing". Bahkan bisa lebih berat kalau dia sampai terinveksi virus korona.

Di rancangan peraturan tersebut dijelaskan bahwa pemain yang tidak divaksinasi lengkap akan berpergian dengan bus atau pesawat terpisah dengan rekan-rekannya, ketika tim melakukan perjalanan. Jadi nantinya akan ada tulisan vax atau non-vax dalam kendaraan tersebut.

Untuk makan juga sama. Pemain yang tidak vaksin akan makan di tempat yang berbeda, atau ruangan yang berbeda dengan pemain yang sudah vaksin. Kemudian kalau ada pertemuan tim, dia harus berada dua meter dari pemain yang sudah divaksinasi. Ketika pertandingan berlangsung, pemain yang belum vaksin tempat duduknya dibedakan. Lalu saat masuk ke ruang ganti, mereka juga harus menjaga jarak.

Pemain yang tidak divaksin harus menjalani tes Covid-19 setiap hari pertandingan dan hari latihan. Mereka harus memastikan negatif dua kali tes, sebelum diizinkan bertanding. Kalau sampai terjadi kasus positif Covid-19, pemain yang sudah vaksin tidak perlu isolasi mandiri. Sebaliknya, kalau mereka belum vaksin, maka harus isolasi selama seminggu.

Aturan ini masih dalam tahap pembahasan dengan Asosiasi Pemain NBA. Diharapkan dalam beberapa hari ke depan akan ada keputusan terkait protokol kesehatan ini. (tor)

Foto: Instagram Karl-Anthony Towns

Komentar