IBL

Sebuah pengumuman mengejutkan datang dari Satria Muda Pertamina Jakarta. Melalui akun media sosial resmi mereka, Satria Muda mengabarkan bahwa Rivaldo Tandra Pangesthio pensiun dari dunia basket. Rivaldo pun mengunggah hal serupa di akun media sosial pribadinya.

Melalui wawancara di YouTube Satria Muda, Rivaldo menjelaskan bahwa ada dua alasan utama yang membuatnya mengambil keputusan ini. Pertama adalah cedera. Rivaldo bahkan mengungkapkan bahwa ia bermain di playoff dalam kondisi membawa cedera yang cukup parah tersebut.

"Alasan utama saya mundur adalah cedera Posterior Cruciate Ligament (PCL). Saya sudah mengalami putus PCL pada 2017 dan memaksa saya menepi selama enam bulan. Sebelum playoff lalu, saya kembali kena cedera yang sama untuk lutut kiri, putus juga. Jadi saya kemarin tampil tanpa PCL," terang Rivaldo.

"Sejak terjun serius di dunia basket, saya punya tiga tujuan. Pertama, saya ingin jadi juara (level profesional), memberikan sesuatu prestasi untuk negara, dan menginspirasi anak-anak daerah untuk percaya bahwa kita semua bisa."

"Waktu di gelembung Cisarua kemarin, saya sudah berdoa kepada Tuhan, tolong beri saya tanda apakah saya harus lanjut di basket profesional atau tidak, karena kontrak saya kebetulan habis tahun ini. Kemudian saya mengalami kecelakaan sepeda yang membuat PCL saya putus. Saya yakin ini tandanya dan saya pun ingin memastikan untuk menutup karier dengan gelar juara," imbuh pemain asli Pontianak ini.

Setelah pensiun, Rivaldo ingin fokus pada dunia bisnis. Sebenarnya, dunia bisnis sendiri sudah ia geluti sejak masih belia. Namun, kini ia paham betul bahwa ia tidak bisa setengah-setengah di basket dan bisnis yang membuatnya memutuskan fokus total pada bisnis.

"Saya rasa saya sangat egois jika terus mengambil satu slot pemain di Satria Muda dengan fokus yang terpecah untuk bisnis. Slot ini bisa diisi pemain yang siap 100 persen untuk basket," tambahnya.

Ikut duduk bersama Rivaldo, Wakil Presiden Satria Muda, Rony Gunawan. Pria yang akrab disapa Rogun ini menyampaikan bahwa jajaran manajemen Satria Muda mendukung penuh keputusan Rivaldo dan masih akan membantunya untuk pulih dari cedera.

"Manajemen pasti bantu Rivaldo untuk pemulihan cedera. Meski ia tidak ada kontrak lagi, bahkan tak main basket lagi, Rivaldo adalah bagian dari Satria Muda dan kami tidak akan melepas tanggung jawab begitu saja. Ini sudah jadi komitmen kami sejak lama."

Rivaldo menutup dua tahun karier profesionalnya dengan satu gelar juara IBL, satu gelar ruki terbaik musim lalu, dan medali perak SEA Games 2019 Filipina di basket 3X3. Rivaldo juga sudah beberapa kali tercatat sebagai pemain peringkat satu 3X3 Indonesia.

"Apapun bisa terjadi di masa depan. Untuk sekarang, saya yakin saya tidak akan main basket lagi di level profesional. Jikapun di masa mendatang saya akan bermain lagi, saya jamin Satria Muda akan jadi pilihan pertama saya," tutupnya.

Selamat pensiun Rivaldo, terima kasih, dan semoga sukses di perjalanan selanjutnya! (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan, Hariyanto

 

Komentar