IBL

Prawira Bandung berhasil menghentikan Satria Muda Pertamina Jakarta di pertemuan pertamanya musim ini. Kedua tim sama-sama berada di Divisi Putih dan baru pertama kali tampil di IBL 2021. Prawira menang 73-72 atas Satria Muda di Robinson Cisarua Resort, Bogor, Kamis sore, 11 Maret 2021. Satria Muda kalah di detik-detik terakhir.

Arki yang kembali bermain bersama Satria Muda tampil luar biasa. Dia memasukkan sembilan poin di kuarter pertama. Satria Muda unggul 20-7 di awal kuarter dan menutupnya dengan skor 24-12. Sebaliknya, Prawira mengalami kebuntuan. MVP IBL 2020, Abraham Grahita belum memasukkan satu tembakan pun. Kebuntuan Prawira juga disebabkan pertahanan Satria Muda yang bagus. Mereka memaksa Prawira melakukan tujuh kali turnover di kuarter ini, dengan empat kali bolanya dicuri oleh pemain Satria Muda.

Prawira menyesuaikan dengan permainan Satria Muda. Tapi saat Prawira berupaya bangkit, Satria Muda selalu berhasil menjawabnya. Satria Muda tetap memimpin laga dengan skor 39-29 saat turun minum. Arki belum menambah poin. Tapi kontribusi dari Juan Laurent Kokodiputra dan Rizal Falconi dengan masing-masing enam poin, bisa membuat Satria Muda tetap unggul.

Momentum kebangkitan Prawira terjadi di kuarter ketiga. Back-to-back tripoin dari Raymond Syariputra dan Abraham membuat skor hanya terpaut enam poin saja (35-41). Prawira unggul 22-16 di kuarter ketiga. Namun itu belum cukup untuk menyalip Satria Muda, yang tetap memimpin laga dengan skor 55-51 di akhir kuarter ketiga.

Laga semakin menegangkan di kuarter keempat. Sejak menit ketiga, Satria Muda mengalami kebuntuan. Prawira justru bisa mencetak 11 poin, dan membalikkan keadaan menjadi 63-63. Ketegangan terjadi di detik-detik terakhir. Arki mendapatkan dua kali tembakan gratis yang membuat Satria Muda unggul 72-71. Namun di sisa delapan menit, Prawira membuat skema serangan yang bagus. Seharusnya Abraham yang bertugas jadi eksekutor terakhir. Namun dia terjatuh. Beruntung ada Pandu Wiguna yang meraih bola liar dan segera mencetak poin. Skor 73-72 mengakhir laga tersebut.

"Prawira komposisi pemainnya tahun ini lebih baik, khususnya dari sisi big man. Tetapi semua tim musim ini sepertinya perang small man. Kami berupaya mengimbangi permainan lawan saja," kata pelatih Andre Yuwadi.

Arki sedang panas hari ini. Dia mencetak 23 poin dan 16 rebound. Arki kembali bermain bersama Satria Muda setelah musim lalu di tim Indonesia Patriots. Sebaliknya, Abraham Damar Grahita mencetak 18 poin. Diftha Pratama dan Arif Hidayat menambahkan masing-masing 10 poin.

"Menyakitkan kalah seperti itu. Tapi inilah basket. Kami harus segera melupakan kekalahan ini dan bangkit di laga berikutnya," komentar Arki dari Satria Muda. "Sebenarnya kami belum dapat feel dengan lapangannya, tapi langsung tanding. Jadi agak berpengaruh pada akurasi tembakan."

Selanjutnya, Prawira akan bertemu Amartha Hangtuah Jakarta. Sedangkan Satria Muda berhadapan dengan NSH Montain Gold Timika. Dua pertandingan tersebut diselenggarakan besok, Jumat, 12 Maret 2021. (tor)

Foto: Hariyanto

 

Komentar