IBL

Tim 3x3 putra Indonesia tengah bersiap tampil di ajang FIBA 3x3 World Cup 2017. Kejuaraan dunia tersebut akan berlangsung di Nantes, Perancis pada 17 hingga 21 Juni 2017 mendatang. Indonesia kali ini membawa tim perpaduan senior dan junior. Tetapi yang paling menantang, Indonesia satu grup dengan Amerika Serikat.

Tim Indonesia akan mulai berlatih besok, 3 Juni 2017. Empat pemain yang akan bergabung di tim ini adalah Rivaldo Tandra Pangesthio (1,90 meter), Kevin Moses Eliazer Poetiray (1,88 m), Fandi Andika Ramadhani (1,85 m) dan Vinton Nolland Surawi (1,92 m). Nama Vinton sebelumnya tidak ada karena Indonesia mendaftarkan Widyanta Putra Tedja (1,82 m). Tetapi karena pelatih merasa bahwa lawan kali ini terbilang berat dan Indonesia ingin membawa tim yang punya ukuran lebih tinggi, maka Widi digantikan oleh Vinton.

"Pertimbangannya karena ini levelnya dunia. Jadi kami mencoba postur yang lebih besar aja. Sedangkan Widi akan kami coba nanti di turnamen berikutnya," kata pelatih 3x3 Indonesia, Anthony Gunawan.

WhatsApp Image 2017-06-02 at 16.42.02

Pada turnamen ini akan tampil beberapa tim hebat seperti Serbia dengan Dusan Bulut yang menduduki peringkat pertama sebagai pemain 3x3 dunia. Lalu masih banyak lagi pemain-pemain hebat dari negara lainnya.

Indonesia sendiri ada di grup D yang dihuni oleh Amerika Serikat, Belanda, Selandia Baru dan Korea Selatan.

Tim Amerika Serikat diwakili oleh tim Ariel. Empat pemain hebat yang memenangkan USA Basketball 3x3 National Tournament di Colorado Spring tersebut adalah Damon Huffman (1,85 meter), Daniel Mavraides (1,94 meter), Craig Moore (1,97 meter) dan Zahir Carrington (2,04 meter). Mereka berempat jadi momok paling menakutkan di grup D.

"Kalau di 3x3 dunia pasti semua lawan berat. Kami tidak akan menghitung satu per satu, tetapi yang pasti semuanya berat. Kami targetkan bisa menang dua kali di grup, seperti gelaran tahun lalu. Itu target minimalnya," timpal Anthony.

Selain menyuguhkan pertarungan pemain-pemain 3x3 terhebat dari seluruh dunia, FIBA 3x3 World Cup 2017 juga jadi ajang pertarungan lima dunker hebat. Lima dunker ini adalah Dmitry "Smoove" Krivenko (Ukraina), Rafal "Lipek" Lipinski (Polandia), Vadim "Miller" Podduchenko (Ukraina), Jordan Southerland (Amerika Serikat), dan Chris Staples (Amerika Serikat).

Foto: fiba.com

Komentar