IBL

Amerika Serikat memastikan dominasi mereka di ajang FIBA U19 Women's World Cup. Ini setelah mereka menjuarai edisi tahun 2021, di Hungaria, pada 7-15 Agustus. Amerika Serikat tak terkalahkan dalam enam pertandingan, sejak babak penyisihan hingga final.

Untuk babak penyisihan, Amerika Serikat tergabung di Grup A bersama Australia, Italia, dan Mesir. Di pertandingan pertama, Amerika Serikat menang telak atas Italia dengan skor 96-37. Selanjutnya, mereka menang 99-59 atas Australia. Lalu, terakhir Amerika Serikat mengalahkan Mesir dengan skor 97-36.

Di babak 16 besar, Amerika Serikat bertemu Chinese Taipei. Di babak ini, Amerika Serikat benar-benar dominan. Buktinya, mereka menang dengan jarak 84 poin (129-45). Di semifinal, Amerika Serikat mengalahkan Spanyol (98-64). Kemudian di semifinal menang atas tuan rumah Hungaria yang tampil luar biasa dengan skor 75-42. Di akhir kompetisi, Hungaria mendapatkan medali perunggu atau peringkat ketiga, yang menjadi pencapaian terbaik negara tersebut di ajang ini.

(Sumber foto: fiba.basketball)

Di final, Amerika Serikat kembali berjumpa Australia. Mereka sudah dua edisi terakhir bertemu di final. Amerika Serikat langsung unggul 7-0 beberapa saat setelah tip-off. Mereka terus melaju hingga pertandingan usai. Amerika Serikat unggul rebound (53-34) atas Australia yang menjadi kunci kemenangan kali ini.

Diamond Johnson mencetak 15 poin. Laurent Betts menambahkan 9 poin dan 14 rebound. Sementara MVP turnamen kali ini, Caitlin Clark membantu Amerika Serikat mengalahkan Australia dengan catatan 9 poin, 8 rebound, dan 8 asis. Amerika Sertikat berhasil mengunci gelar kesembilan. Sebaliknya, Australia harus puas mendapatkan medali perak untuk ketiga kalinya (1997, 2019, 2021).

Sementara itu, pada hari sebelumnya, Hungaria berhasil mengalahkan Mali di perebutan peringkat ketiga. Ini menjadi sejarah bagi Hungaria karena untuk pertama kalinya meraih podium di FIBA U19 Women's World Cup. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar