IBL

Spencer Dinwiddie jadi topik berita terhangat media-media Amerika Serikat. Pasalnya, dalam kontrak pemain baru Washington Wizards tersebut memuat perjanjian yang unik. Dia meminta bonus AS$1 kalau timnya berhasil masuk Final NBA.

Nama Dinwiddie mencuat ketika masih bermain di Brooklyn Nets, khususnya di era kepemimpinan Kenny Atkinson pada musim 2019-2020. Ketika Kyrie Irving belum bisa tampil maksimal, dan Kevin Durant masih dalam pemulihan cedera. Dinwiddie muncul sebagai penyelamat Nets. Dia membuat kemajuan yang pesat dengan mencetak 20,6 poin dan 6,8 asis per gim. Namun namanya tenggelam setelah mengalami cedera ACL di musim 2020-2021. Dinwiddie hanya bermain tiga pertandingan dan absen hingga musim berakhir.

Setelah dinyatakan sembuh, Dinwiddie justru memilih hengkang dari Nets. Momentumnya sangat tepat, ketika Wizards menukar Russell Westbrook dengan tiga pemain Lakers. Wizards pun menawarkan kontrak kepada Dinwiddie senilai AS$54 juta untuk tiga tahun ke depan.

Ternyata ditemukan sebuah fakta menarik seputar kontrak Dinwiddie dengan Wizards kali ini. Jason Glushon, agen Dinwiddie membuka beberapa klausul unik dalam kontraknya. Beberapa orang mengira itu hanya bahan candaan saja, tapi ternyata kenyataannya memang seperti itu.

Dalam wawancara dengan Bobby Marks dari ESPN, Jason Glushon mengatakan bahwa Dinwiddie akan mendapatkan bayaran penuh selama dia bisa memainkan 50 pertandingan di musim 2021-2022 dan 2022-2023. Kalau bisa bermain lebih dari 50 pertandingan, maka dia mendapatkan bonus sebesar AS$1,5 juta.

Dinwiddie juga akan mendapatkan bonus di setiap pertandingan bersama Wizards. Dia juga bakal menerima bonus ketika Wizards bisa mencapai babak playoff. Namun yang paling unik, Dinwiddie akan menerima bonus senilai AS$1 ketika Wizards masuk final.

Klausul kontrak Dinwiddie ini memang unik, dan belum pernah ada dalam sejarah NBA. Namun, Dan Feldman dari NBC Sports menulis bahwa Dinwiddie mungkin sedang menyiapkan rencana tentang masa depannya. Bukan soal besaran bonusnya, tapi Dinwiddie ingin dirinya diingat publik dengan uang satu dollar tersebut. (tor)

Foto: Facebook Washington Wizards

Komentar