IBL

Karena dianggap sukses membentuk tim muda lebih kompetitif, manajemen Charlotte Hornets memberikan perpanjangan kontrak untuk kepala pelatih James Borrego. Dia adalah pelatih Latino pertama dalam 75 tahun perjalanan NBA.

Manajemen Hornets mengumumkan perpanjangan kontrak Borrego melalui akun media sosial resminya pada Senin, 9 Agustus, waktu Amerika Serikat. Dalam pernyataan tersebut, Borrego dianggap pelatih yang sukses membangun tim lebih kompetitif. Sayangnya manajemen tidak mengumumkan besaran kontrak dan masa jabatannya. Tapi yang jelas lebih dari satu tahun atau multiyear.

Borrego sebenarnya masih mengantongi kontrak satu tahun (hingga 2022) bersama Hornets. Karena pelatih berusia 43 tahun tersebut menandatangani kontrak selama empat tahun dengan Hornets sejak 2018. Pelatih kelahiran Albuquerque, New Mexico tersebut tercatat sebagai pelatih Latino pertama di NBA sepanjang 75 tahun perjalanan liga.

Selama tiga musim di Hornets, Borrego membuat rekor 95-124. Musim lalu, Borrego mengumpulkan 33 kemenangan dari 72 pertandingan, dan hampir membuat sejarah dengan mengantar tim masuk playoff dalam lima tahun terakhir . Tapi mimpi tersebut pupus setelah mereka kalah dari Indiana Pacers di Play-In Tournament. Meski demikian, Borrego memberi kesan yang baik. Terutama bagi Michael Jordan sebagai pemilik klub.

"Kami sangat senang dengan hasil kerja pelatih Borrego dan stafnya dalam tiga tahun di Charlotte. Mereka membuat program pengembangan pemain yang kuat, menerapkan gaya permainan yang menarik dan menghibur, terutama bagi penonton. Terpenting, dia bisa membuat Michael Jordan senang," kata manajer Hornets, Mitch Kupchak, dikutip dari rilis berita klub tersebut.

Di bawah kendali Borrego, Hornets mencetak 985 poin dari tembakan tripoin musim lalu. Mereka juga membuat rata-rata 26,8 asis per gim yang jadi catatan tertinggi kelima di liga. Kemudian secara keseluruhan, Hornet berhasil finis di urutan ke-10 di Wilayah Timur.

"Saya benar-benar bersemangat menyambut musim depan. Tim ini juga sudah ada di jalur yang tepat. Kami punya sekelompok pemain yang berdedikasi, pekerja keras, dan punya bakat untuk berkembang," kata Borrego.

Borrego sudah menemukan sosok yang tepat untuk memimpin tim ini, yaitu LaMelo Ball, yang jadi Rookie of the Year musim lalu. Mereka juga masih diperkuat oleh pemain veteran Gordon Hayward dan Terry Rozier. Sementara di bursa transfer tahun ini, Hornets mendapatkan Mason Plumplee, Kelly Oubre Jr. dan Ish Smith. Sedangkan dari NBA Draft 2021, Hornets mengambil James Bouknight dan Kai Jones. (tor)

Foto: Complex Sports

 

Komentar