IBL

Golden State Warriors reuni dengan salah satu tokoh penting dibalik tiga gelar juara terakhir mereka. Dikabarkan The Athletic, Warriors sepakat untuk kontrak satu tahun minimum dengan Andre Iguodala. Ini akan membuat Andre menjalani periode keduanya bersama Warriors.

Periode pertama Andre sendiri terjadi di 2013-2019. Andre dan Warriors berhasil melaju ke lima final beruntun (2015-2019) dan meraih tiga gelar juara yang seluruhnya mengalahkan Cleveland Cavaliers. Andre lantas ditukar ke Memphis Grizzlies karena Warriors ingin mencoba melakukan peremajaan skuat.

Sayangnya, Andre dan Grizzlies tak sejalan. Andre menolak bermain dan hampir menepi satu musim penuh sebelum Grizzlies menemukan kata sepakat dengan Miami Heat untuk pertukaran. Menariknya, Andre langsung membantu Heat melaju ke final dalam gelaran "gelembung" NBA 2019-2020 lalu. Di final, Andre dan Heat kalah atas Los Angeles Lakers.

Musim lalu, Andre masih bersama Heat. Akan tetapi, tim ini gagal mengulang prestasi mereka. Heat tersingkir empat gim langsung atas Milwaukee Bucks di ronde pertama playoff. Mereka juga cukup terseok-seok di musim reguler.

Andre sendiri jelas tidak akan memainkan peran sebesar periode pertamanya. Ia diyakini lebih akan menjadi mentor untuk sederet pemain muda Warriors. Warriors baru saja mendatangkan dua pemain sayap di NBA Draft lalu, Jonathan Kuminga dan Moses Moody. Keduanya sudah dikenal memiliki atletisme dan kemampuan menembak yang sesuai dengan basket modern. Hadirnya Andre sangat mungkin juga bisa mengubah keduanya lebih solid dalam bertahan, seperti pamor Andre selama ini. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar