IBL

Bergabungnya Russell Westbrook ke Los Angeles Lakers membuat beragam spekulasi mengenai susunan pemain tim ini musim depan menjadi menarik. Pasalnya, hanya dari Westbrook, LeBron James, dan Anthony Davis saja, tim ini sudah memiliki total gaji mencapai AS$120 juta. Catatan ini akan membuat Lakers mencari pemain yang sifatnya medioker atau siap menerima gaji rendah untuk mengisi daftar pemain mereka.

Menariknya, laporan terbaru Bleacher Report menyebutkan bahwa ada beberapa veteran liga yang siap melakukan skenario tersebut. Laporan yang sama menyebutkan bahwa DeMar DeRozan, Rudy Gay, dan Carmelo Anthony adalah tiga nama veteran yang membuka kemungkinan tersebut.

Kebetulan, tiga pemain ini memang sedang berstatus unrestricted free agent. Untuk urusan performa sendiri, DeRozan masih cukup mumpuni menjadi bintang di sebuah tim NBA. Ia pun berpotensi mendapatkan gaji di kisaran AS$20-25 juta untuk musim depan. Namun, jika ia memutuskan bergabung ke Lakers, ia akan memangkas jauh angka tersebut.

Situasi Gay dan Melo cukup berbeda dari DeRozan. Meski sama-sama mempunyai pamor sebagai pemain yang bisa menciptakan tembakan mereka sendiri, baik Gay dan Melo sudah mulai kehilangan peran mereka di tim. Gay hanya tampil sekali sebagai starter di 63 laga yang ia mainkan musim lalu. Melo pun kurang lebih sama, 69 kali tampil, hanya tiga kali jadi starter.

Catatan ini membuat keduanya sangat masuk akal untuk menerima tawaran kontrak mimimal Lakers. Apalagi Melo sudah menjalani kontrak serupa bersama Portland Trail Blazers. Menariknya lagi, secara kebutuhan tim, Gay dan Melo sebenarnya sangat bisa membantu Lakers.

Melo menjalani musim dengan akurasi tripoin terbaik musim lalu. Ia menorehkan akurasi 41 persen dari 4,7 tembakan per gim. Gay sendiri memiliki akurasi 38 persen dari 4,4 tripoin per gim. Itu adalah catatan akurasi tertinggi ketiga sepanjang kariernya.

Jika Lakers berhasil mempertahankan Talen Horton-Tucker dan Alex Caruso, maka tambahan Gay atau Melo sudah cukup mampu melengkapi barisan starter mereka. Lebih baik lagi jika Gay dan Melo sama-sama bisa bergabung ke tim. Barisan cadangan mereka bisa lebih terbantu.

Pekerjaan berat akan dijalani manajemen Lakers di jeda musim ini. Jika ingin menghindari membayar luxury tax, maka mereka harus bisa merayu pemain-pemain veteran untuk menerima pemotongan gaji. Namun, jika mereka siap menggelontorkan lebih banyak dana, bukan tidak mungkin DeRozan juga bisa merapat dan Lakers akan semakin menyeramkan. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar