IBL

NBA Draft 2021 digelar dengan sukses. Cade Cunningham dipilih oleh Detroit Pistons, yang berarti dia jadi piihan pertama dalam draft tahun ini. Cunningham berharap bisa mengubah nasib Pistons, dan mencetak sejarah di NBA.

Baca juga: Hasil Lengkap NBA Draft 2021

Pemain berusia 19 tahun itu disebutkan namanya pertama kali oleh Komisaris NBA Adam Silver di malam Draft NBA, Kamis waktu Amerika Serikat. Cunningham tidak terlalu banyak melakukan selebrasi. Terlihat wajahnya tetap tenang dan penuh percaya diri melangkah menghampiri Silver untuk foto bersama.

Garda setinggi 2,03 meter tersebut bermain untuk Oklahoma State University. Dia membukukan rata-rata 20,1 poin, 6,5 rebound, dan 3,5 asis per gim. Cunningham menjadi pemain keempat dalam sejarah NCAA yang memenangkan Big 12 Freshman of the Year dan Big 12 Best Player of the Year. Pemain yang pernah meraih prestasi tersebut adalah Kevin Durant, Michael Beasley, dan Marcus Smart.

Cunningham punya target tinggi di musim perdananya. Dalam podcast JJ Redick "The Old Man and the Three", Cunningham mengungkapkan keinginannya setelah masuk NBA.

"Saya ingin lolos ke babak playoff. Saya ingin bersaing memperbutkan gelar juara," kata Cunningham. "Rookie of the Year sudah pasti gelar yang ingin saya raih. Saya ingin terpilih sebagai All-Star. Kalau tidak di tahun pertama, saya akan kejar mimpi menjadi All-Star di tahun kedua."

Target Cunningham sangat berat. Sebab, dalam 30 tahun terakhir hanya ada empat pemain pilihan pertama NBA Draft yang memenangkan gelar Rookie of the Year. Mereka adalah Ben Simmons, Derrick Rose, Tim Duncan, dan Chris Webber. Menurut Eric Fawcett sebagai ahli Draft NBA, Cunningham memiliki kemampuan yang bagus. Sebagai garda, dia punya penguasaan bola yang bagus serta umpan akurat. Dia juga punya tinggi badan yang bagus untuk ukuran garda. Soal bertahan, Cunningham ternyata mampu membuat 1,6 steal per gim selama bermain untuk Oklahoma State.

Pertanyaan besarnya adalah mampukah Cunningham mengubah performa Pistons musim depan?

Pistons belum bisa bangun dari tidurnya. Musim lalu mereka hanya menang 20 kali dari 72 pertandingan. Pistons sudah tidak lagi punya Derrick Rose dan Andre Drummond. Tapi mereka masih punya pemain-pemain muda potensial seperti Jerami Grant, Kilian Hayes, dan Hamidou Diallo. (tor)

Foto: Sportsnaut

Komentar