IBL

FIBA sebagai federasi bola basket tertinggi memutuskan bahwa penyelenggaraan Asia Cup 2021(Piala Asia) ditunda hingga Juli 2022. FIBA tidak memindahkan penyelenggaraan ke negara lain, namun memilih untuk menunda jadwalnya.

FIBA Asia Cup 2021 rencananya akan digelar pada 17-29 Agustus 2021. Untuk rangkainnya sendiri akan dimulai sejak 12 Agustus, karena ada babak kualifiasi terakhir. Namun dikutip dari rilis berita di situs fiba.basketball, federasi mengubah jadwal dua turnamen besar di tahun 2021.

FIBA Asia Cup 2021 yang akan dimainkan di Jakarta, dijadwalkan ulang menjadi bulan Juli 2022. Tepat setelah Kualifikasi FIBA World Cup 2023 untuk Zona Asia. Sementara untuk kualifikasi terakhir sedang dicarikan tempat untuk penyelenggaraannya.

Turnamen kedua yang ditunda atau dijadwalkan ulang adalah FIBA Women's Asia Cup 2021 -Divisi A, yang dijadwalkan ulang pada 27 September - 3 Oktober 2021. Serta Divisi B, yang bakal digelar antara 7-13 November 2021.

"Dengan sangat terpaksa, karena mempertimbangkan semua hal terkait pandemi di negara kita, maka FIBA memutuskan untuk Asia Cup 2021 ditunda penyelenggaraannya," kata Ketua PP Perbasi, Danny Kosasih, dalam konferensi pers virtual, Jumat sore, 23 Juli 2021. 

Sementara dari panitia penyelenggara, Junas Miradiarsyah menyampaikan bahwa persiapan untuk FIBA Asia Cup 2021 masih sesuai dengan rencana. Termasuk penginapan, venue pertandingan, da protokol kesehatan. Namun dalam beberapa hari terakhir memang terjadi pembicaraan soal status kejuaraan ini, berkaitan dengan kondisi pandemi.

"Memang kalau melihat hangatnya situasi pandemi di negara kita, saya tidak berani memberikan kepastian soal status kejuaraan. Tapi sebagai panitia penyelenggara, kami sudah siap untuk gelaran ini. Termasuk mendapatkan rekomendasi dari Menteri Kesehatan untuk protokol kesehatan yang kami pakai," ujar Junas. 

PP Perbasi sebagai federasi tuan rumah menanggapi penundaan tersebut dengan positif. Dengan ditunda, maka waktu persiapan juga lebih panjang. Bukan hanya penyelenggaraan saja, namun soal persiapan tim nasional juga. Mereka punya waktu satu tahun lagi sebelum berlaga di FIBA Asia Cup. (tor)

Komentar