IBL

Beberapa tim yang diprediksi bersinar di NBA 2020-2021, justru tumbang di tengah jalan karena badai cedera. Salah satunya Dallas Mavericks. Tim yang mengandalkan duet Luka Doncic dan Kristaps Porzingis tersebut tumbang di putaran pertama Playoff NBA 2021. Sebagai imbas dari kegagalan tersebut, Mavericks tampaknya akan melepas Porzingis.

Pemain asal Latvia tersebut memang cocok dipasangkan dengan Doncic. Tapi masalahnya, kondisi fisiknya kurang mendukung. Musim ini Porzingis masih digangu cedera lutut. Dia hanya bermain 43 kali dari total 72 pertandingan musim ini, dengan catatan rata-rata 20,1 poin, 8,9 rebound, dan 1,6 asis per gim. Meski kondisinya tidak meyakinkan, namun beberapa tim sudah berdiskusi untuk lakukan pertukaran pemain dengan Mavericks. Salah satunya yang serius adalah Charlotte Hornets.

Menurut penuturan Ghetto Othello, penulis heavy.com, Mavericks dan Hornets sudah berdiskusi soal transfer Porzingis. Hornets berniat memperkuat sektor dalam dan memberi opsi lebih banyak untuk serangan yang dibangun bintang muda LaMelo Ball. Sebenarnya klub milik Michael Jordan itu sudah memberikan tawaran kepada Andre Drummond. Namun Drummond lebih memilih bergabung dengan Lakers di pertengahan musim lalu. Jadi kini Porzingis jadi target Hornets untuk roster musim depan.

Dari data spotrac.com, Porzingis baru menyelesaikan satu tahun masa kontrak (dari total perpanjangan lima tahun), dengan Dallas Mavericks. Setiap musimnya, Porzingis menerima bayaran rata-rata AS$30 juta. Harga yang cukup fantastis bagi seorang bintang muda, yang kini dianggap sebagai pemain rentan cedera.

Tapi dari sudut pandang Porzingis, kepindahannya dari Mavericks bisa jadi berkah baginya. Dia bisa lepas dari bayang-bayang Luka Doncic, serta bisa mengembangkan permainan seperti saat masih membela New York Knicks. Porzingis lebih sering mendapatkan bola dan lebih bebas dalam mengambil keputusan. Dengan pengalaman tersebut, maka tidak sulit untuk kembali ke Wilayah Timur bersama Hornets.

Sementara itu, Mavericks sudah mulai menghidupkan radar pencari pemain untuk roster musim depan. Rumor yang beredar, Mavericks mengincar Mike Conley dari Utah Jazz. Garda veteran tersebut bisa mencetak rata-rata 16,2 poin dan 6,0 asis per pertandingan. Tapi yang paling penting, Conley bisa membuat Donovan Mitchell bersinar. Tentunya manajemen Mavericks berharap Conley bisa membuat hal yang serupa, khususnya ketika dia bermain bersama Luka Doncic. (tor)

Foto: The Smoking Cuban

Komentar