IBL

Phoenix Suns membuka Final Wilayah Barat dengan kemenangan 120-114 atas Los Angeles Clippers, Minggu, 21 Juni 2021, waktu setempat. Gim berlangsung cukup sengit meski Suns sempat membuka keunggulan 10 poin. 

Di sisa satu menit pertandingan, selisih sebenarnya sempat menjadi dua poin saja, untuk keunggulan Suns. Sayangnya, Clippers gagal mengeksekusi tembakan mereka dan akhirnya Suns lolos dengan kemenangan.

Secara akurasi, Suns sebenarnya unggul jauh, 55 persen berbanding 45 persen. Namun, keunggulan 20 tripoin berbanding 13 tripoin Clippers atas Suns membuat gim tak berjarak lebar. Clippers juga unggul di offensive rebound (10 berbanding 7) dan frekuensi tembakan gratis (17 berbanding 9).

Tanpa Chris Paul, Devin Booker tampil istimewa. Booker bahkan turut mengambil alih tugas sebagai fasilitator tim. Terbukti dengan catatan tripel-dobel 40 poin, 13 rebound, dan 11 asis selama 43 menit.Booker efektif dengan 15/29 tembakan (52 persen) dan hanya membuat 2 turnover.

Ini adalah tripel-dobel pertama Booker sepanjang kariernya. Ini jadi tripel-dobel pertama Suns di playoff sejak 2005 dan Booker setara dengan Charles Barkley sebagai dua pemain Suns yang mampu mencetak 40+ poin tripel-dobel di playoff.

Lima pemain Suns (empat starter) menyusul dengan dua digit poin. Deandre Ayton mencetak 20 poin dan 9 rebound. Mikal Bridges menambahkan 14 poin yang 8 di antaranya tercipta di tiga menit terakhir pertandingan. Dua aksi dj antaranya adalah dunk dan tripoin yang cukup menjaga jarak untuk Suns.

Cameron Payne yang mengisi kekosongan Paul juga tampil solid dengan 11 poin, 9 asis, dan hanya 1 turnover. Jae Crowder menambahkan 13 poin dan 6 rebound sedangkan Cameron Johnson mencetak 12 poin dari bangku cadangan.

Untuk Clippers, distribusi poin mereka tak cukup merata. Hanya ada tiga pemain yang menyentuh dua digit poin. Paul George jadi yang tersubur dengan 34 poin, 4 rebound, dan 5 asis. Reggie Jackson melanjutkan tren positifnya dengan 26 poin, 6 rebound, dan 4 asis dari 10/19 tembakan (53 persen). DeMarcus Cousins melengkapi daftar dengan 11 poin yang tercipta di lima menit pertama ia turun ke lapangan. Cousins total bermain 13 menit. 

Suns unggul (1-0) dan gim 2 akan digelar lusa. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar