IBL

Usai sudah pertemuan Aspac Jakarta dengan Pacific Caesar Surabaya dalam gelaran Playoff Indonesian Basketball League (IBL) 2017 Divisi Putih. Pasalnya, setelah memenangkan satu pertandingan, Aspac kembali meraup keuntungan di C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/4). Mereka menang telak 108-77 atas lawannya, dan sukses melaju ke semifinal.

Dalam pertandingan itu, lagi-lagi Dominique Williams tampil impresif. Ia mencetak double-double 33 poin dan 10 asis. Pringgo Regowo di tempat kedua dengan 20 poin dan 7 rebound, sementara Andakara Prastawa Dhyaksa mengumpulkan 19 poin. Di kubu Pacific, Kevin Loiselle dan David Seagers masing-masing mencetak 24 poin.

Pertandingan ini berjalan timpang. Sejak awal Aspac tidak mau mengalah. Mereka gencar melakukan serangan dan bertahan sekuatnya. Karena menurut Kepala Pelatih Antonious Ferry Rinaldo, mereka tidak ingin kecolongan lagi seperti di pertandingan sebelumnya. “Kami langsung menekan sejak awal,” katanya.

Selain itu, komposisi pemain juga menjadi nilai plus bagi Aspac. Kedalaman tim ini membuat Aspac tidak cukup memusingkan masalah pergantian pemain. Karena menurut Inal—sapaan akrab Rinaldo—beberapa pemain cadangan mereka sebelumnya adalah pemain inti.

“Saya hanya minta mereka menunjukkan kualitasnya, dan itu sudah mereka buktikan,” ujar Inal.

Selain Inal, Prastawa, point guard yang tampil meyakinkan malam itu juga ikut buka suara. Menurutnya, kunci kemenangan Aspac adalah kerjasama dan komunikasi. Apalagi di akhir laga, Pacific terasa melonggarkan pertahanannya. Hal itu menjadi sasaran empuk bagi timnya untuk menambah poin.

“Sudah tahu juga mereka mainnya bagaimana,” jelas Prastawa.

Sementara itu, Pacific melalui Kepala Pelatih Bisih mengakui kehebatan Aspac malam itu. Menurutnya, para pemain Aspac sukses membuat pertahanan mereka tak berdaya. Tembakan lawan masuk begitu saja padahal Pacific sendiri sudah melakukan penjagaan. Dengan demikian, Bisih mengaku ingin mengadakan evaluasi dan penyesuaian lagi dalam timnya. Supaya di musim depan timnya bisa lebih kuat. Pengalaman menembus Playoff di musim ini akan menjadi pengalaman berharga.

“Tahun depan kami harus tembus ke Playoff lagi dengan posisi yang lebih baik,” komentar Loiselle, forward Pacific, tentang rencananya.

Maka, ketika Pacific nanti melakukan evaluasi, Aspac masih akan melanjutkan perjuangan. Dengan kemenangan keduanya ini, berarti mereka telah sukses melaju ke semifinal. Nantinya Aspac akan bertemu dengan Pelita Jaya EMP Jakarta yang sudah lebih dulu menunggu.(*)

Foto: Hari Purwanto

Komentar