IBL

Brooklyn Nets menang telak 141-126 atas Boston Celtics, di TD Garden, Minggu malam, waktu setempat. Nets kini unggul 3-1 dan selangkah lagi mereka bisa sampai ke semifinal Wilayah Timur. Nets dominan karena Big 3 mereka sedang menyala.

Kyrie Irving mencetak 39 poin dan 11 rebound. Irving menjawab kritik setelah tampil kurang gereget di gim ketiga. Dia mencetak 31 poin di tiga kuarter, serta membuat Celtics frustasi. Kevin Durant menambahkan 42 poin dengan akurasi tembakan 14/20. Sementara James Harden tampil sangat efektif dengan torehan 23 poin, 18 asis, 5 rebound, 2 steal, dan 3 blok selama 40 menit.

Statmuse mencatat bahwa Big 3 Nets ini mampu menghasilkan rata-rata 85,9 poin per gim selama empat pertandingan playoff putaran pertama. Kevin Durant yang paling banyak dengan 35 poin per gim, lewat akurasi tembakan keseluruhan 56 persen, tripoin 46 persen, dan tembakan gratis 91 persen. Disusul James Harden (26 poin per gim), dan Kyrie Irving (25 poin per gim). Dengan data-data seperti ini saja, sulit bagi Celtics untuk membendung mereka.

Celtics sendiri hanya bertumpu pada Jayson Tatum saja. Dia mencetak 40 poin di laga tersebut. Ibaratnya, Tatum bekerja sendirian karena tiga pemain inti absen karena cedera yaitu Jaylen Brown, Robert Williams (pergelangan kaki), dan Kemba Walker (lutut). Sementara sulit bagi Marcus Smart dan Tristan Thompson untuk menghalau serangan Big 3 Nets.

Kesenjangan roster di laga ini terlihat jelas. Celtics tidak memiliki pemain yang mumpuni untuk rotasi. Sebaliknya, Nets, tanpa rotasi pun mereka sudah bisa menguasai permainan. Belum lagi, Bruce Brown Jr. dan Joe Harris yang masing-masing menyumbang 14 poin untuk Nets. Di sisi lain, Kyrie Irving punya sisi emosional ketika bertanding di hadapan pendukung Celtics.

Berikutnya, Celtics bakal bertamu ke Barclays Center. Tuan rumah jelas punya keuntungan lebih besar. Mereka hanya butuh satu kemenangan saja untuk bisa melanjutkan langkah ke putaran kedua, atau babak semifinal Wilayah Timur. (tor)

Foto: nba.com

Komentar