IBL

Timnas Basket Indonesia proyeksi FIBA Asia Cup 2021 kembali ke berlatih setelah libur lebaran. Mereka harus berlatih keras untuk mengejar kemampuan para senior. Lima pemain muda yang berlatih yaitu Ali Bagir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane.

Asisten pelatih Wahyu Widayat Jati, mengatakan latihan dilaksanakan satu kali sehari. Mereka melahap program development skill dan pemahaman strategi bermain ala Rajko Toroman. Wahyu juga menjelaskan salah satu contoh latihannya yaitu melakukan tembakan 100 kali untuk setiap pemain. Tapi tim pelatih berharap pemain menambah porsi latihan sendiri. Ini demi mengejar akurasi lebih baik.

"Materi latihan hingga akhir Mei ini termasuk pemahaman permainan sebagaimana yang diinginkan Coach Rajko (Toroman)," ujar Wahyu. "Di dalam latihan juga mengasah fisik pemain selama 40 menit di awal. Kemudian 30 menit di akhir latihan diisi dengan materi shooting, setiap pemain wajib melakukan tembakan 100 kali."

Wahyu menambahkan semua ini dilakukan untuk mengejar kemampuan para senior. Mereka akan bergabung pada bulan Juni 2021, atau setelah Playoff IBL berakhir. Sementara itu, lima pemain muda ini memang sengaja disiapkan menjadi pelapis pemain senior. Diharapkan mereka memiliki kemampuan yang setara dengan pemain inti. Dengan begitu, mereka bisa diandalkan saat Indonesia berjuang di FIBA Asia Cup 2021 Agustus nanti juga FIBA World Cup 2023 mendatang. (tor)

Foto: PP Perbasi

Komentar