IBL

Indonesian Basketball League (IBL) musim ini terbagi menjadi dua fase. Fase pertama, yang terdiri dari empat seri reguler, berlangsung di Robinson Cisarua Resort, Bogor. Liga menyebutnya IBL Camp. Kemudian fase kedua akan berlangsung di kawasan Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara, mulai 23 Mei - 6 Juni 2021. Kali ini liga menyebutnya sebagai Kastel IBL (IBL Castle).

Sebenarnya, nama ini hanya penyebutan saja. Pada dasarnya kedua fase tersebut diselenggarakan di area terbatas atau yang lazim disebut dengan "gelembung". Bedanya, di Kastel IBL ini hanya berisi enam tim saja, karena liga sudah masuk babak playoff. Dalam petunjuk informasi yang dirilis liga, babak playoff akan berlangsung selama 16 hari.

Prosedur untuk memasuki Kastel IBL ini masih sama dengan yang diterapkan di fase pertama. Semua orang yang masuk wajib lolos tiga kali tes Covid-19. Dimulai dari tes pertama yang diselenggarakan pada 14 Mei 2021. Kemudian tes Swab PCR kedua akan digelar 19 Mei 2021, dan terakhir, semua peserta akan di tes saat mereka masuk ke area terbatas pada 21 Mei 2021.

Kawasan yang digunakan untuk Kastel IBL ini lebih sempit. Tidak seperti Robinson Cisarua Resort. Tetapi memang jumlah peserta juga tidak sebanyak fase pertama. Ditambah lagi, jumlah pertandingan juga tidak banyak. Hanya 18 gim saja (sembilan hari pertandingan), itu pun dengan estimasi setiap gim melewati laga ketiga (sistem best-of-three). Kalau ada tim yang bisa sapu bersih, tentu akan mengurangi jumlah gim di playoff. Berikut jadwal lengkap untuk playoff IBL 2021:

Liga sudah menyiapkan prosedur yang baik, mulai dari bila ada temuan kasus positif Covid-19, sampai denda terhadapa pelanggaran protokol kesehatan selama penyenggaraan playoff.

"Lebih dari 32 hari pada fase 1 IBL 2021, kami bersama-sama membuktikan dan berhasil menaklukkan situasi Covid-19. Namun, perjalanan masih panjang, dan perjuangan tidak berakhir di sini. Jangan lengah, terus saling jaga, kami ingin membuktikan bahwa bola basket bisa menjadi inspirasi untuk masyarakat agar terus berjuang dan mengalahkan Covid-19," ucap Junas Miradiarsyah selaku Direktur IBL.

Playoff IBL 2021 dibagi menjadi putaran. Putaran pertama ada pertandingan peringkat dua dan tiga dari masing-masing divisi. Untuk Divisi Merah ada Louvre Dewa United Surabaya yang akan berhadapan dengan Bank BPD DIY Bima Perkasa. Kemudian di Divisi Putih, ada Prawira Bandung melawan West Bandits Solo. Selanjutnya, pemenang dari putaran pertama akan melaju ke semifinal. Dua tim yang sudah menunggu yaitu Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Satria Muda Pertamina Jakarta. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar