IBL

Kepolisian Republik Indonesia akhirnya menerbitkan izin penyelenggaraan IBL 2021. Kabar tersebut melegakan khususnya bagi tim-tim peserta yang sudah menunggu kejelasan liga. Bila dihitung sejak penundaan kompetisi musim lalu, sampai digelarnya liga musim 2021, maka hampir satu tahun liga basket Indonesia berhenti.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bahwa IBL membidik tanggal 10 Maret sebagai awal musim baru. Dengan terbitnya izin kepolisian tersebut, maka liga bisa dijalankan sesuai rencana.

"Kami menerima surat ijin dari kepolisian pada 21:24 WIB, dan diteruskan informasi utamanya kepada para klub-klub IBL dan mitra sponsor, pendukung. Alhamdulillah, IBL 2021 dipastikan bergulir. Kami ucapkan terima kasih kepada Kepolisian Republik Indonesia, Kemenpora, BNPB, Kementerian Kesehatan dan semua pihak yang telah membantu hingga IBL 2021 dapat digelar," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

Tahapan liga musim ini dibagi menjadi dua fase. Fase pertama ada di Robinson Cisarua Resort, Kab. Bogor, Jawa Barat. Di sini, 12 tim akan menjalani pertandingan untuk musim reguler dengan waktu kurang lebih selama satu bulan, 10 Maret hingga 10 April 2021. Fase kedua yang meliputi babak playoff akan berlangsung di Mahaka Square Arena Kelapa Gading, Jakarta Utara 23 Mei sampai 6 Juni. Perincian jadwal fase kedua diawali dengan babak playoffs 23-25 Mei, berlanjut dengan semifinal pada 27-29 Mei dan babak final dengan format best of three digelar pada 3,4 dan 6 Juni 2021. Kedua fase rencana dijalankan secara tertutup dalam gelembung (bubble) dan tanpa penonton.

"Hal ini merupakan awal baik dari kembalinya perjalanan bolabasket nasional pasca genap 1 tahun terhenti sejak pandemi. Dengan proses persiapan yang cukup panjang, diharapkan seluruh pihak terlibat dapat bekerja bersama-sama secara maksimal dan saling menjaga kepercayaan yang diberikan," ujar Junas.

Perjalanan IBL terkatung-katung di masa pandemi Covid-19. Pada bulan Maret 2020, IBL ditunda karena merebaknya virus korona. Liga berencana melanjutkan kompetisi pada bulan Oktober 2020, namun urung dilakukan. Bahkan pada pertengahan bulan Oktober tersebut, IBL memutuskan liga musim 2020 dibatalkan tanpa juara.

Perencanaan liga musim 2021 dibuat oleh IBL. Mulai dari Rookie Draft hingga menjadwalkan kompetisi digelar bulan Januari 2021. Tetapi lagi-lagi, ada masalah yang membuat liga tidak bisa digelar tepat waktu. Sampai akhirnya, liga mendapatkan izin dari kepolisian pada awal Maret 2021. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar