IBL

Sebelum laga melawan Memphis Grizzlies, Stephen Curry adalah top skor liga dengan 31,8 poin per gim. Ia unggul atas Bradley Beal yang memiliki catatan 31,4 poin per gim. Jika pun Curry tak mencetak poin di gim hari ini, Beal butuh setidaknya 20 poin untuk menutup musim sebagai top skor.

Namun, bukan Curry namanya jika tidak melebihi ekspektasi publik. Alih-alih tampil santai, Curry justru mencetak 46 poin, 7 rebound, dan 9 asis. Ia bahkan melepaskan 36 percobaan tembakan di mana 22 di antaranya adalah tripoin. Jumlah 22 percobaan tripoin tersebut adalah jumlah percobaan tripoin terbanyak ketiga dalam satu gim sepanjang sejarah NBA. Curry menunjukkan bahwa ia benar-benar menginginkan gelar top skor.

Curry lantas mengakhiri musim dengan rataan 32,0 poin per gim dan menjadi top skor liga. Tak berhenti di situ, gelar top skor ini menjadikannya masuk ke jajaran elite NBA untuk urusan rekor-rekor individu.

Pertama, di usia yang menginjak 33 tahun, Curry adalah top skor liga tertua sejak Michael Jordan. Pemain-pemain seperti mendiang Kobe Bryant hingga LeBron James bahkan tak pernah menjadi top skor di usia setua ini. Faktor tripoin jelas menjadi pembeda terbesar Curry dari legenda-legenda lainnya. Curry memimpin liga untuk tripoin masuk terbanyak musim ini dengan 337. Perlu diingat lagi, liga musim ini hanya memiliki 72 gim.

Menariknya, mencetak 300 tripoin bukanlah hal baru untuk Curry. Sudah empat musim ia membukukan setidaknya 300 tripoin dan tidak ada satupun pemain dalam sejarah yang pernah mencatatkan hal serupa. Tercatat ada tujuh gim musim ini di mana Curry mencetak setidaknya 10 tripoin.

Rangkuman Curry musim ini. Ia sekali menyentuh 60 poin, tiga kali 50+ poin, 11 kali 40+ poin, dan 38 gim berakhir dengan 30+ poin. Curry juga bergabung dengan Jordan, Kareem Abdul-Jabbar, dan Wilt Chamberlain sebagai pemain yang memiliki lebih dari satu gelar juara, MVP, dan top skor. Oh iya, terakhir Curry juga sudah melewati Wilt sebagai top skor sepanjang masa Warriors. Musim yang "gila" untuk seorang Wardell Stephen Curry! (DRMK)

Foto: NBA

Komentar