IBL

Sekarang sudah tidak ada lagi keraguan tentang kabar bahwa Kyrie Irving memeluk agama Islam. Hari ini, bintang Brooklyn Nets tersebut mengakui bahwa dirinya sedang berpuasa Ramadan, dalam wawancara usai menang 109-104 atas Boston Celtics. Bahkan, Irving juga mengakui bahwa alasannya absen bertanding minggu lalu karena menyambul awal bulan puasa.

Kyrie Irving tidak bermain melawan Minnesota Timberwolves pada Selasa 13 April 2021, karena "alasan pribadi". Ternyata, dia menjelaskan bahwa hari itu tepat dimulainya bulan Ramadan di Amerika Serikat. Irving mulai menyesuaikan diri untuk menjalankan kewajiban agamanya. Setelah pengakuan tersebut, media sosial kini ramai menjulukinya sebagai "Ramadan Kyrie"

"Ini tentang melakukan pengabdian saya kepada Tuhan, Allah," kata Irving kepada media. "Saya senang menjadi bagian dari komunitas saya dan melakukan hal yang benar. Jadi, puasa pasti bagian darinya, jika Anda tahu tentang komunitas Muslim. Tapi ya, saya sangat senang dan bersyukur telah mengambil bagian dalam ibadah ini."

Perjalanan Kyrie Irving mencari hidayah memang berpengaruh pada kehadirannya di lapangan. Sebab, dia hanya 20 pertandingan selama musim ini. Itu sudah termasuk melawan Boston Celtics, Jumat malam, saat dirinya menyelesaikan laga dengan catatan 15 poin, 11 asis, 9 rebound dan 4 steal dengan akurasi tembakan 4/19. Dia nyaris tripel dobel melawan tim yang pernah dibelanya.

Kyrie membuktikan bahwa dirinya tetap siap bertanding, meski di siang hari harus menjalankan ibadah puasa. Dia merasa nyaman dengan ibadah tersebut setelah melakukan penyesuaian.

"Saya masih menyesuaikan diri. Jadi saat saya tidak bermain, sebenarnya itu hanya upaya saya untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru saja," lanjutnya.

Kehadiran Kyrie Irving sangat penting bagi Brooklyn Nets. Sebab, meskipun banyak pemain bintang cedera, Nets tetap berada di antara klub papan atas NBA. Kevin Durant dan James Harden masih absen membela timnya. KD mengalami luka memar di paha pada pertandingan Nets melawan Miami Heat, Minggu lalu. Sementara Harden masih berkutat dengan cedera hamstring.

Kepala pelatih Nets Steve Nash mengatakan bahwa ia mengharapkan KD segera bergabung kembali dengan tim. Tetapi mantan dokter tim Los Angeles Lakers Marco Nunez mengatakan bahwa waktu pemulihan untuk setiap pemain bersifat situasional.

"Saat ini belum ada waktu yang ditetapkan. Dengan kata lain, hanya KD yang tahu tentang kondisi luka memarnya. Sebab, waktu penyembuhan itu bervariasi untuk masing-masing orang," kata Nunez dikutip dari LandonBuford.com.

"Itu juga terserah KD, dan bagaimana dia merasakan cederanya. Beberapa pemain mungkin butuh dua pertandingan saja, tetapi ada pula yang butuh dua hingga tiga minggu untuk penyembuhan."

Saat ini hanya Kyrie Irving yang tersisa dari Big Three Nets. Padahal mereka bertiga baru bermain tujuh laga dengan rekor 5-2. Ini membuktikan bahwa Nets butuh semua pemain sehat agar tetap jadi favorit juara musim ini. Kalau tidak, maka mereka harus mengubur mimpi ke final NBA. (tor)

Foto: Union Leader

Komentar