IBL

Fisik pemain Timnas 3x3 Putri Indonesia butuh perhatian serius. Oleh karenanya, di tahap pertama pemusatan latihan proyeksi Kualifikasi Olimpiade 3x3, para pemain masih melahap latihan untuk mengembalikan kondisi fisiknya. Maklum, para pemain putri sudah berhenti berkompetisi sejak bulan Maret 2020 lalu.

Kompetisi basket putri Indonesia, Srikandi Cup dihentikan pada bulan Maret 2020. Sejak saat itu, pemain-pemain seperti Dyah Lestari di Sahabat Semarang, atau Dewa Ayu Made Shriarta Kusuma Dewi yang kini berada di tim GMC Cireboun juga libur latihan. Sementara itu pemain Surabaya Fever seperti Gabriel Sophia, Nathania Orville, Lea Kahol, hingga Gabriel Sophia sudah tidak ikut kompetisi. Mereka hanya berlatih sejak selesai membela timnas Indonesia di SEA Games 2019 Manila. Jadi bisa dimaklumi kalau kepala pelatih July Wong mengatakan kalau fokus pembenahan fisik di awal pemusatan latihan ini.

"Sementara ini fokus latihan mengembalikan fisik pemain, selain itu diselingi dengan tembakan dan bertahan," ungkap July.

Para pemain timnas 3x3 putri Indonesia langsung tancap gas. Sejak 12 April lalu, mereka harus menjalani latihan intensif di Surabaya. Karena waktu persiapan hanya tinggal satu bulan lagi. Meski di bulan Ramadhan, intensitas latihan tidak berkurang.

Masalah yang dihadapi sekarang sama seperti tim-tim lainnya di masa pandemi. Mereka kesulitan mencari lawan tanding untuk uji coba. Perjalanan ke luar negeri jelas tidak semudah yang dibayangkan. Namun sebenarnya bukan itu tujuan akhir dari pembentukan tim ini. Menurut July, mereka akan mengincar prestasi yang lebih tinggi di ajang SEA Games 2021. Karena untuk Kualifikasi Olimpiade Tokyo, lawan Indonesia levelnya sudah jauh di atasnya.

"Sebenarnya, Kualifikasi Olimpiade ini menjadi kesempatan para pemain menambah ilmu dan pengalaman terutama menghadapi tim kelas dunia yang langganan tampil di Olimpiade, karena di grup kami, ada Amerika Serikat, Uruguay, Perancis, dan Jerman," ujarnya.

Untuk komposisi pemain, July menjelaskan bahwa tidak ada perubahan. Enam pemain yang dipanggil pelatnas ini sudah final. Tinggal proses yang dikejar adalah menentukan pemain inti dan cadangan. Sesuai regulasi FIBA, harus ada ketentuan empat pemain inti dan dua cadangan. (tor)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar