IBL

Louvre Dewa United Surabaya menang 68-62 atas NSH Mountain Gold Timika, dalam lanjutan IBL 2021 seri keempat, Kamis malam. Kemenangan tersebut sangat penting bagi Louvre untuk menjaga peluang mereka lolos playoff. Dengan hasil ini, Louvre mengumpulkan sembilan kemenangan dari 15 pertandingan. Rekor yang sama ditorehkan oleh Bali United.

Kemenangan tersebut tidak didapatkan dengan mudah. Louvre mendapatkan perlawanan ketat dari NSH dalam tiga kuarter. Mereka bisa bangkit di kuarter keempat, dan mendapatkan momentum untuk memenangkan pertandingan.

Louvre kurang tenang dalam penyelesaian akhir, sehingga di babak pertama mereka tertinggal 35-32. NSH yang tampil tanpa beban justru mampu memaksimalkan setiap kesempatan mencetak angka. Di sisi lain, Andre Rorimpandey juga sedang panas di babak pertama. Dia sudah mencetak 10 poin dalam dua kuarter.

Di kuarter ketiga, terlihat beberapa pemain Louvre tidak bisa mengatasi tekanan pertandingan. Nikolas Mahesa dan Samuel Benedict Palmelay melakukan kesalahan dalam penguasaan bola maupun dalam penjagaan. Nikolas dua kali dibobol Rizky Effendy. Sementara Samuel sudah melakukan empat kali pelanggaran di kuarter ketiga.

Louvre mengeluarkan sisa-sisa tenaga mereka di kuarter keempat. Kali ini Jamarr Johnson yang mengambil alih permainan. Jamarr mencetak 12 poin di kuarter keempat dari total poinnya di laga tersebut. Layup dari Jamarr di sisa dua setengah menit membawa Louvre unggul 10 poin (64-54). Ini jadi jarak terjauh kedua tim. Namun sampai di detik-detik terakhir, NSH masih bisa mendekati Louvre. Tapi akhirnya tripoin dari Dio Tirta membuat Louvre bisa mengunci kemenangan.

"Basket adalah olahraga momentum. Di kuarter keempat kami tidak mendapatkan momentum itu. Kami malah membuat turnover, yang jadi kesempatan bagi lawan mencetak poin. Jamarr bagus di kuarter keempat. Kemudian momentumnya ada di tembakan Dio Tirta," komentar AF Rinaldo, kepala pelatih NSH.

Jamarr Andre Johnson menyelesaikan laga dengan torehan 20 poin dan 17 rebound. Kevin Moses Eliazer Poetiray menambahkan 16 poin. Dio Tirta Saputra juga punya kontribusi besar untuk kemenangan malam ini. Dio mencetak 14 poin, termasuk ketenangannya mengeksekusi tembakan tripoin di sisa 24 detik. Di samping itu, Wendha Wijaya menyumbang 12 poin di laga ini. Sebaliknya dari tim NSH, Andre Rorimpandey mencatatkan 19 poin, disusul Rizky Effendy dengan torehan 13 poin.

"Kami mengakui bahwa tim ini bermain di bawah tekanan. Bahkan sampai di kuarter ketiga. Tekanan itu datang dari dua arah. NSH bermain bagus, sementara para pemain harus berjuang melawan tekanan dari dirinya sendiri. Tapi kami bisa melewati itu dan tampil bagus di kuarter terakhir," kata Raden Yohanes Kristian, asisten pelatih Louvre.

Louvre masih punya sisa satu pertandingan lagi untuk dimainkan. Mereka dijadwalkan bertemu Indonesia Patriots pada Sabtu, 10 April 2021. (tor)

Foto: Hariyanto - IBL Indonesia

Komentar