IBL

Di hari ketiga IBL 2021 seri keempat merupakan hari yang istimewa bagi Divisi Putih. Dalam empat pertandingan hari ini, tim Divisi Putih semuanya menang atas tim Divisi Merah. Termasuk di laga terakhir, West Bandits Solo mengalahkan Louvre Dewa United Surabaya dengan skor tipis 82-80. Hasil tersebut membuat persaingan playoff untuk Divisi Merah memanas.

Hari ini, Indonesia Patriots menang 77-46 atas Pacific Caesar Surabaya. Prawira Bandung mengalahkan Bali United Basketball dengan skor 67-66. Lalu Satria Muda Pertamina Jakarta menang 76-70 atas Bank BPD DIY Bima Perkasa lewat babak overtime. Serta yang terakhir West Bandits mengalahkan Louvre. Tiga pertandingan terakhir memang sangat penting bagi tim Divisi Merah untuk mengamankan tiket playoff. Sayangnya, tiga tim yaitu Bali United, Bima Perkasa, dan Louvre kalah semua.

Ketiga tim sama-sama punya peluang lolos playoff. Karena masing-masing masih menyisakan dua pertandingan di musim reguler 2021. Bila ingin lolos, mereka harus mendapatkan hasil maksimal di setiap laga.

Baca juga: Klasemen IBL 2021

Khusus untuk Louvre, mereka sebenarnya bisa memenangkan pertandingan malam ini. Tetapi pemain melakukan kesalahan kecil di menit-menit terakhir yang berkibat fatal. West Bandits punya kesempatan menyerang dan Alan As'adi bisa mencetak poin dengan tembakan perimeter.

"Semua sudah berjalan sesuai rencana, tapi sebuah kesalahan kecil yang kami buat malam ini berakibat fatal. Kami harus bangkit dari dua kekalahan ini, agar posisi kami di playoff tetap aman," kata Raden Yohanes Kristian, asisten pelatih Louvre.

Bukan hanya kesalahan kecil di menit akhir saja yang membuat Louvre tumbang. Mereka juga gagal mengantisipasi Andre Adrianno. Khususnya di akhir kuarter ketiga. Andre bisa mencetak tiga tripoin berturut-turut untuk membalikkan keadaan jadi 67-59 untuk keunggulan West Bandits. Andre sukses menjadi top skor dengan torehan 28 poin, termasuk 5 dari 6 percobaan tripoin. Selain Andre, Mei Joni menyumbang 14 poin, sedangkan Patrick Nikolas mencetak 10 poin.

Di kubu Louvre, Jamarr Andre Johnson 26 poin, 10 rebound, 2 asis, 2 steal dan 3 blok. Kevin Moses Eliazer Poetiray sebagai kapten tim mengemas 19 poin. Lalu Wendha Wijaya menyumbang 16 poin. Louvre tampil sangat bagus di kuarter keempat. Tetapi kecerobohan mereka di detik terakhir membawa mala petaka.

Bagi West Bandits, mereka tampil tanpa beban. Karena sudah pasti lolos ke playoff. Tapi mereka punya misi untuk menyelesaikan musim reguler dengan baik. Khususnya membalas hasil buruk yang mereka raih di awal musim lalu.

"Kami belum memikirkan playoff. Kami hanya ingin finish strong musim ini. Karena kami sempat membuat rekor 1-5 di awal musim. Tetapi kami bersyukur bisa bangkit. Karenanya kami ingin memenangkan sisa pertandingan di musim reguler ini," ujar Raoul Miguel Hadinoto, kepala pelatih West Bandits.

Selanjutnya, Louvre besok akan berhadapan dengan NSH Montain Gold Timika. Mereka tidak boleh kalah lagi, atau kesempatan ke babak playoff sirna. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan - IBL Indonesia

Komentar