IBL

Arif Hidayat menangkan Prawira Bandung 67-66 atas Bali United Basketball, Rabu, 7 April 2021. Sebuah layup Arif di sisa lima detik pertandingan jadi tembakan terakhir sekaligus tembakan kemenangan Prawira hari ini. Arif sendiri menutup gim "hanya" dengan 5 poin dan 2 asis, selama 19 menit dari bangku cadangan. 

Gim berlangsung sengit sejak awal. Meski Prawira lebih banyak menghabiskan waktu dengan posisi unggul, keberhasilan Bali United membalik keadaan di paruh kedua membuat gim ini seolah tak mengendur. Kedua tim memiliki statistik keseluruhan yang nyaris identik. Perbedaan paling terasa berada di turnover di mana Prawira membuat 16 kali berbanding hanya 11 dari Bali United. Sayangnya, akurasi Bali United hari ini tak cukup baik dan jumlah turnover tersebut tak mampu membuat mereka menang.

Top skor Prawira di gim ini adalah Januar Kuntara dan Pandu Wiguna. Januar mencetak 11 poin dan 7 asis sedangkan Pandu 11 poin dan 7 rebound. Pandu sempurna secara tembakan (5/5).

"Di akhir gim, kami berubah memainkan pertahanan zona (zone defense). Alasannya, kami cukup kecolongan beberapa rebound dan kami berupaya membatasi hal tersebut. Hasilnya cukup baik dan kami bisa membawa pulang kemenangan," terang Januar usai gim. 

Top skor gim ini adalah Yerikho Tuasela dengan 22 poin, hasil dari 10/25 tembakan (40 persen). Ponsianus Indrawan menambahkan 15 poin sedangkan Rico Aditya dobel-dobel dari bangku cadangan dengan 11 poin, 10 rebound, dan 5 asis. Rico sempurna secara tembakan dengan 5/5. Rico adalah pemain pertama di IBL 2021 yang mampu mencetak dobel-dobel dan 5+ asis dengan akurasi sempurna.

Hasil ini mengakhiri tren dua kekalahan beruntun Prawira yang kini memiliki rekor (9-5). Untuk Bali United, ini jadi kekalahan keenam mereka dari 14 gim. Persaingan untuk lolos Divisi Merah semakin panas dengan hasil ini. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar