IBL

IBL 2021 pada Selasa malam, ditutup dengan derby Jawa Tengah antara West Bandits melawan Satya Wacana Saint Salatiga. West Bandits menang 82-79 lewat dua kali overtime. Dengan kemenangan tersebut, West Bandits mengamankan tiket playoff musim ini.

Pertandingan ini sangat penting bagi West Bandits. Karena mereka butuh kemenangan untuk mengamankan posisi di zona playoff. Sebaliknya, Satya Wacana ingin menunjukkan bahwa mereka adalah tim Jawa Tengah yang lebih dulu berlaga di liga profesional.

"Ini gim yang berat bagi kami. Terutama karena kami libur lima hari jadi agak sulit untuk mengembalikan kondisi fisik dan mental. Tapi dengan segala kesulitan dan dua kali overtime, kami bersyukur bisa menang. Ini adalah kerja tim yang bagus dalam defense, tapi untuk offense saya tidak terlalu senang," ucap kepala pelatih Raoul Miguel Hadinoto kepada Mainbasket.

Benar saja, pertandingan berlangsung sengit sejak tepis mula sampai buzzer. Setelah saling kejar perolehan poin, drama terjadi di kuarter keempat. Antoni Erga mendapatkan kesempatan melakukan dua tembakan gratis. Namun hanya satu bola yang masuk, dan membuat Satya Wacana memimpin 63-61 atas West Bandits di sisa 12 detik.

Setelah Erga gagal melakukan tembakan kedua, bola langsung dibawa Mei Joni mendekati ring Satya Wacana dengan kecepatan penuh. Dia memberikan asis kepada Habib Tito Aji. Poin tersebut membuat skor sama kuat, 63-63, dan menyeret laga ke babak tambahan waktu.

Di babak tambahan waktu pertama, kedua tim sama-sama mencetak enam poin. Jadi laga diteruskan ke overtime kedua. Kali ini, West Bandits bisa unggul 13-10 untuk memastikan kemenangan. Meski di beberapa menit terakhir terjadi ketegangan karena pihak Satya Wacana merasa dirugikan.

"Saya sudah sepakat dengan pemain untuk menerima kekalaha ini. Tapi ada situasi di lapangan yang masih sulit untuk saya terima," kata Efri Meldi selaku kepala pelatih Satya Wacana.

West Bandits bisa keluar sebagai pemenang di laga ini karena performa menawan beberapa pemain, antara lain Widyanta Putra Teja dengan torehan 17 poin, disusul Pringgo Regowo (14 poin), serta Mei Joni dan Habib Tito Aji yang masing-masing mencetak 10 poin.

Sebaliknya di tim Satya Wacana, Antoni Erga mencetak 21 poin. Aleander Franklyn muncul dari bangku cadangan dengan sumbangan 14 poin. Kemudian Henry Lakay menorehkan 13 poin dan 10 rebound. Serta Bryan Elang Praditya dengan 15 rebound dan 7 poin.

West Bandits masih punya sisa tiga pertandingan di musim reguler. Sementara Satya Wacana punya dua pertandingan sebelum mengakhiri musim 2021 ini. (tor)

Foto: Hariyanto - IBL Indonesia

Komentar