IBL

IBL 2021 seri ketiga dibuka dengan pertandingan Indonesia Patriots melawan West Bandits Solo. Ini merupakan pertemuan kedua bagi Patriots dan West Bandits di liga musim ini. Setelah sempat tertinggal 10 poin, West Bandits akhirnya mampu mengalahkan Patriots dengan skor 70-64. Sekaligus membalas kakalahan mereka di pertemuan sebelumnya.

West Bandits kalah 60-73 atas Patriots pada 11 Maret 2021. Namun mereka bisa membalas di pertandingan Jumat siang ini. Pringgo Regowo mencetak dobel-dobel dengan torehan 15 poin dan 10 rebound, disusul Widyanta Putra Teja (12 poin dan 9 asis), dan Andre Adriannno (10 poin). Sebaliknya, M. Arighi mencetak 19 poin untuk Patriots. Yudha Saputera menyumbang 15 poin. Patriots kalah dua kali dalam sembilan pertandingan yang sudah dijalani.

"Hari ini memang kurang memuaskan. Kami kecolongan di kuarter ketiga, saat lawan bisa running score cukup banyak. Strategi kami juga kurang bagus. Khususnya pemain bangku cadangan yang tidak memberikan kontribusi besar kali ini. Mereka hanya mencetak 14 poin saja. Padahal biasanya pemain cadangan bisa lebih banyak mencetak poin," kata Andy "Batam" Poedjakesuma selaku manajer tim Patriots.

Jalannya pertandingan sendiri sebenarnya lebih menarik ketimbang pertemuan pertama. Kali ini, West Bandits mampu menjaga agar mereka tidak sampai tertinggal jauh di tiga kuarter awal. Sampai di kuarter keempat, mereka baru melancarkan serangan.

"Saya kira ini hasil evaluasi selama seri satu dan dua. Kami punya kelemahan tidak bisa maksimal di babak kedua, khususnya di menit-menit akhir kuarter keempat," kata kepala pelatih West Bandits, Raoul Miguel Hadinoto.

"Strategi kami hanya memutus alur bola Patriots agar tidak sampai ke paint area. Kami juga harus konsisten dalam empat menit terakhir, khususnya dalam defense. Hasilnya, kami bisa mengambil kemenangan di pertandingan ini.

Melihat jalannya pertandingan ini, West Bandits sebenarnya tertinggal 41-33 di akhir kuarter kedua. Tetapi di kuarter tersebut, West Bandits sebenarnya sudah mencoba strategi yang akan dipakai di kuarter keempat. Strategi tersebut berhasil di kuarter kedua, karena mereka sempat mendekat dengan jarak tiga poin saja.

Kemudian, di kuarter ketiga West Bandits mulai memperkuat pertahanan mereka. Seperti yang dikatakan kepala pelatih Raoul Miguel Hadinoto, bahwa timnya akan mengerahkan seluruh potensinya di babak kedua. Hasilnya baru terlihat di kuarter keempat. West Bandits unggul 23-12, sekaligus memenangkan pertandingan.

Berkat kemenangan ini, West Bandits naik ke peringkat keempat klasemen sementara Divisi Putih. Sementara Indonesia Patriots masih ada di puncak klasemen divisi tersebut. Selanjutnya, West Bandits akan berhadapan dengan NSH Montain Gold Timika, besok sore. (tor)

Foto: Hariyanto - IBL Indonesia

Komentar