IBL

Para legiun senior di tim NSH Mountain Gold Timika menjadi pembeda di pertandingan pertama seri keempat IBL 2021, Senin siang. Mereka bisa membawa NSH meraih kemenangan ketiga musim ini, sekaligus membalas kekalahan atas Amartha Hangtuah Jakarta. NSH menang 64-62 atas Hangtuah di pertandingan ke-13 musim ini.

Pemain senior milik NSH yang tampil luar biasa kali ini adalah Ruslan, Rizky Effendy, dan Ebrahim "Biboy" Enguio Lopez. Ruslan dominan di paint area karena Randika Aprilian absen di laga tersebut. Ruslan mencetak 12 poin, 15 rebound, 2 steal, dan 4 blok. Rizky mengoleksi poin terbanyak untuk NSH dengan 14 poin, sedangkan Biboy membuat 12 poin.

Di kubu Hangtuah, Abraham Wenas mencetak 15 poin. Sedangkan Gunawan menambahkan 14 poin dengan akurasi tripoin 4/8. Hangtuah tidak mampu mempertahankan keunggulan yang mereka dapat di kuarter ketiga.

"Kalau saya di pertandingan tadi diminta untuk menjaga paint area. Menjaga rebound, dan menghalau lawan yang masuk ke paint area kami. Pada prinsipnya, pelatih ingin defense bagus dulu. Baru offense nanti mengikuti," kata Ruslan, setelah pertandingan.

Hangtuah memulai laga dengan sangat bagus. Mereka sempat memimpin 10-4. Tetapi di sisa dua menit, NSH mengambil alih kedudukan dan menutup kuarter pertama dengan keunggulan 17-14. Memasuki kuarter kedua, Hangtuah menunjukkan ketajaman tembakan para pemainnya. Masuknya Gunawan juga sangat berbahaya bagi pertahanan NSH. Gunawan mencetak tiga tripoin berturut-turut. Total, Hangtuah mencetak enam tripoin di kuarter kedua untuk membalikkan keadaan jadi 37-34.

Slam dunk Ruslan membuka kuarter ketiga. Sempat sengit, kedua tim mencetak skor sama kuat 47-47 di akhir kuarter ketiga. Sedangkan di kuarter keempat, NSH bisa mendapatkan momentum untuk meraih kemenangan. Tembakan Rizky Effendi di sisa satu menit, menjadi kunci kemenanangan NSH. Karena setelah itu Hangtuah mengalami kesulitan untuk menyamakan kedudukan.

Kedua tim memang sudah tidak punya harapan lolos ke playoff. Tapi setidaknya, NSH ingin agar mereka bisa memperbaiki peringkat di sisa pertandingan seri terakhir ini. Sebaliknya, Hangtuah sudah kalah tujuh pertandingan berturut-turut. Kedua tim masih punya tidak pertandingan lagi di musim reguler 2021. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan - IBL Indonesia

Komentar