IBL

Los Angeles Clippers terus berbenah. Menghadapi semakin ketatnya persaingan, Clippers kembali melakukan pembaruan di skuat mereka. Dilansir The Athletic, Clippers baru saja memberi DeMarcus Cousins kontrak 10 hari (10-day contract). Cousins sendiri adalah pemain bebas (unrestricted free agents) setelah Houston Rockets memutus kontraknya beberapa waktu lalu. 

Cousins bermain 25 kali bersama Rockets musim ini dengan 11 di antaranya sebagai starter. Cousins memberi sumbangsih 9,6 poin, 7,6 rebound, dan 2,4 asis per gim. Catatan rendah ini tak lepas dari menit bermainnya yang rata-rata hanya 20,2 menit per gim. Selain catatan asis, seluruh pencapaian Cousins musim ini adalah yang terendah sepanjang kariernya.

(Baca juga: DeMarcus Cousins dan Rockets Sepakat Berpisah)

Musim ini sendiri jadi musim perdana Cousins bermain lagi pascacedera ACL yang membuatnya absen sepanjang musim lalu. Sayangnya, Cousins berada di posisi serba salah. Sempat diharapkan berkembang bersama Rockets, ia justru berada di tengah kekacauan yang terjadi di tim tersebut.

Pelatih baru, manajemen baru, rekan satu tim yang mayoritas baru, serta James Harden yang memaksakan jalan keluarnya ke Nets membuat suasana tim tidak kondusif. Ditambah badai cedera yang menghantam, Rockets bisa dibilang amburadul musim ini. 

Di masa jayanya, Cousins adalah salah satu senter menyeramkan di NBA. Kemampuan fisik tangguh dan kekuatan yang besar membuatnya nyaris tak terhentikan di bawah ring. Perpindahannya ke New Orleans Pelicans bahkan sempat membuatnya menjadi salah satu kandidat MVP. 

Tiga musim lalu, belum banyak senter NBA yang mampu berperan menjadi skorer sekaligus fasilitator untuk timnya dan Cousins adalah salah satu yang menunjukkan hal tersebut. Di musim itu pula Cousins menorehkan catatan eFG% tertinggi di kariernya dengan 53 persen. Catatan tersebut tak lepas dari akurasi tripoinnya yang menyentuh 35 persen. 

Di Clippers, Cousins akan berbagi waktu dengan Serge Ibaka, Ivica Zubac, dan ruki, Daniel Oturu. Cousins jadi pemain veteran kedua yang bergabung dengan Clippers di tengah musim ini. Sebelumnya, sesama mantan pemain Los Angeles Lakers, Rajon Rondo, merapat ke Clippers melalui proses pertukaran pemain. 

Cousins sendiri masih belum bisa bergabung langsung dengan Clippers. Serupa dengan Isaiah Thomas yang merapat ke Pelicans, Cousins harus melewati rangkaian protokol kesehatan yang diterapkan oleh NBA. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar