IBL

Batas waktu pertukaran pemain NBA sudah lewat. Los Angeles Lakers hanya mengambil Andre Drummond setelah dirinya berstatus "free agent". Jadi Lakers tidak kehilangan pemain sama sekali. Namun kabarnya manajer Lakers Rob Pelinka sedang mengejar pemain lain. Salah satunya Otto Porter Jr..

Lakers memang tidak bergerak aktif dalam bursa pertukaran pemain. Namun mereka melihat peluang di pasar yang unik musim ini. Banyak pemain-pemain yang di "buy-out" oleh timnya. Itu bisa menjadi peluang Lakers untuk menambah kekuatan, tanpa mengurangi pemain dari roster-nya. Salah satu pemain tersebut adalah Andre Drummond yang sudah berpisah dengan Cleveland Cavaliers.

Sebenarnya, Lakers menargetkan satu pemain lagi untuk mengisi roster-nya. Terutama setelah Anthony Davis dan LeBron James cedera. Tetapi bukan pemain bigman. Lakers mengincar pemain yang bisa mendukung rotasi Kentavious Caldwell-Pope. Awalnya muncul nama Moe Harkless. Pemain ini dianggap mampu membantu Lakers dalam pertahanan. Namun tampaknya bakal sulit, karena Sacramento Kings akan mengandalkan Harkless untuk tampil di Play-In Tournament.

Setelah Harkless dicoret dari daftar pemain incaran, muncul nama Kenrich Williams. Tapi kabarnya sulit untuk mendapatkan Williams karena Oklahoma City Thunder memasukkan namanya ke daftar pemain masa depan mereka. Lalu, muncullah nama Otto Porter Jr.. Rumor ini disampaikan oleh Jovan Buha dan Jared Weiss dari The Athletic. Lakers kabarnya siap menampung Otto Porter Jr. bila dirinya berstatus "free agent".

Kemungkinan membeli Porter dari Washington Wizards memang bisa dilakukan. Sebab, Wizards awalnya tidak berniat mendapatkan Porter. Dia termasuk pemain yang dilibatkan dalam pertukaran tiga tim antara Olando Magic, Chicago Bulls dan Wizards. Selain Porter, ada nama Nikola Vucevic yang juga ada dalam skenario pertukaran tersebut. Bila ingin menghemat keuangan, maka Magic bisa saja melepaskan Porter dengan skenario "buy-out". Setelah itu, dia bisa bergabung dengan Lakers.

Alasan Lakers ingin merekrut Porter karena mereka membutuhkan pemain 3D dengan kemampuan bertahan dan punya tinggi badan yang bagus. KCP memang bagus dalam bertahan, terutama di area perimeter. Tetapi bukan pemain yang bertipe 3D, sesuai keinginan Lakers. Alex Caruso dan Wesley Mathews sebenarnya tidak buruk, tapi hanya kurang bagus dalam pertahanan.

Selain kuat dalam bertahan, kehadiran Porter diharapkan bisa membantu serangan Lakers. Musim ini dia mencetak rata-rata 9,7 poin per pertandingan dengan akurasi tripoin 39 persen. Lakers masih punya slot pemain dalam roster-nya. Para pengamat berharap agar Lakers segera mengisinya di putaran kedua ini, atau sebelum memasuki babak playoff. (tor)

Foto: Chicago Sun Times

Komentar